Mengapa nitrogen penting untuk makhluk hidup serta oksigen? Semua situs

KOMPAS.com- Makhluk di bumi membutuhkan itu oksigen bernapas. Namun, ternyata hubungan ini tidak hanya sangat penting, tetapi juga nitrogen.

Udara yang kita hirup, sekitar 78 persen, merupakan nitrogen yang masuk ke dalam tubuh setiap kali kita bernapas.

Tahukah Anda bahwa nitrogen sama pentingnya untuk kesehatan seperti oksigen? manusiabahkan dimana-mana Makhluk, Nah satwa tanaman diam.

Dikutip dari ilmuPada Rabu (11/11/2020) nitrogen merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, karena nitrogen merupakan sebagian besar darinya. asam amino.

asam amino adalah sebuah komponen protein dan asam nukleat seperti DNA yang membawa informasi genetik ke generasi berikutnya.

Baca juga: Untuk pertama kalinya, para ilmuwan menemukan nitrogen murni dalam meteorit dari Mars

Berbeda dengan oksigen, yang bisa dihirup dan diserap langsung oleh tubuh saat bernapas. manusia Hewan juga tidak dapat menyerap nitrogen secara langsung dalam bentuk gas.

nitrogen juga nutrisi yang sangat penting untuk tumbuhan dan bagian penting dari protein yang dibutuhkan semua hewan untuk tumbuh, berkembang biak dan bertahan hidup.

Ada proses yang dikenal sebagai siklus nitrogen yang memungkinkan hal ini. Siklus ini mengubah nitrogen menjadi senyawa yang dapat digunakan oleh tumbuhan dan hewan.

Baca juga: Polusi nitrogen dioksida China telah menurun. Apakah ini benar-benar karena virus corona?

Langkah pertama dari Apakah siklus nitrogen Fiksasi nitrogen. Dalam proses ini, bakteri khusus menggunakan enzim dinitrogenase untuk mengubah gas nitrogen menjadi amonia.

Selain itu, nitrifikasi mengubah amonia menjadi ion nitrit, yang diserap oleh akar tanaman sebagai nutrisi.

satwa Kemudian ambil nitrogen dengan memakan tumbuhan. Dalam siklus ini, pembusukan tumbuhan dan hewan, serta pelepasan kotoran hewan, menciptakan amonia di dalam tanah.

READ  CHEOPS memiliki salah satu exoplanet terpanas yang dikenal saat ini: WASP-189b

Akhirnya, denitrifikasi menggunakan bakteri lain untuk mengubah amonia kembali menjadi gas nitrogen, yang dilepaskan ke atmosfer, tempat siklus nitrogen tersebut dimulai lagi.

SHUTTERSTOCK / Margouillat Foto Representasi sumber nitrogen manusia berasal dari makanan yang mengandung protein. Seperti ikan, daging, kacang-kacangan, susu dan sebagainya.

Manusia dan hewan membutuhkan nitrogen karena semua jaringan tubuh manusia seperti otot, kulit, rambut, kuku, dan darah mengandung protein.

Dalam setiap proses pertumbuhan normal, pergantian sel membutuhkan nitrogen untuk memperbaiki jaringan. Bahkan manfaat nitrogen bagi tubuh juga sangat penting dalam proses metabolisme dimana protein juga dibutuhkan untuk pembentukan enzim.

Tentu saja, kita tidak dapat mengambil nitrogen langsung dari udara. Bagaimana orang mendapatkan nitrogen ini?

Nitrogen yang dapat diserap atau ditahan oleh tubuh manusia berasal dari makanan terutama makanan berprotein tinggi seperti berikut ini.

Baca juga: Jantung nitrogen Pluto menunjukkan kemiripan dengan bumi

  • daging
  • ikan
  • gila
  • telur
  • susu
  • gila

Tubuh kita terus menerus mendaur ulang nitrogen dari asam amino dan kemudian memecah asam amino yang tidak digunakan untuk sintesis protein menjadi komponen, termasuk nitrogen untuk energi.

Nitrogen juga membentuk senyawa non-protein seperti heme pada hemoglobin, yang berperan dalam mengangkut oksigen dalam sel darah merah ke seluruh bagian tubuh.

Sementara hewan membutuhkan nitrogen untuk tumbuh, memperbaiki, dan bertahan hidup seperti manusia, mereka juga mendapatkannya dari sumber makanan seperti tumbuhan dan hewan lainnya.

Baca juga: Ternyata makhluk hidup di bumi menghirup arsenik sebelum oksigen

Nitrogen juga penting bagi tanaman untuk tumbuh dan bertahan hidup. Molekul ini membentuk sebagian besar klorofil yang dibutuhkan tanaman untuk fotosintesis. Energi matahari digunakan untuk menghasilkan gula dari air dan karbon dioksida.

READ  Bukti kebesaran Tuhan, fenomena bulan cincin hiasan Sumedang

Tumbuhan juga membutuhkan asam nukleat seperti DNA untuk tumbuh dan berkembang biak. Namun, tidak seperti hewan, tumbuhan mendapatkan nitrogen dengan mengekstraknya dari air dan tanah dalam bentuk nitrat dan amonium.

Tanaman yang kekurangan nitrogen menguning dan berhenti tumbuh dan bahkan dapat menghasilkan buah dan bunga yang lebih besar dari rata-rata.

Written By
More from Said Rafiq

Promo Superindo hari ini weekday 20 Oktober 2020 masih dengan diskon!

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Promo Superindo hari ini weekday 20 Oktober 2020 memiliki...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *