Nasib sulit Rizieq Cs saat Prabowo-Sandi menjadi menteri Jokowi

Jakarta, CNN Indonesia –

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menunjuk enam menteri baru, salah satunya adalah Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno yang menjadi Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf) pada Rabu (23/12) dan menggantikan Wishnutama.

Sandi bergabung dengan Kabinet Indonesia Maju dan mengikuti jejak Ketua Jenderal Gerindra Prabowo Subianto yang menjabat Menteri Pertahanan sejak pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin dimulai pada 2019.

Prabowo-Sandi sebenarnya adalah pasangan Presiden-Cawapres di Pilpres 2019. Mereka kalah dari pasangan Jokowi-Ma’ruf dalam pemilu yang ditandai dengan polarisasi yang dalam di antara pendukung masing-masing pasangan.


Masuknya Prabowo-Sandi ke kabinet Jokowi-Ma’ruf bertentangan dengan ketentuan beberapa pendukungnya saat pemilihan presiden lalu. Pendukung Prabowo masih berada di luar pemerintahan dan aktif mengkritik Jokowi-Ma’ruf, bahkan ada yang di penjara.

Salah satunya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, yang ditetapkan sebagai tersangka di tengah massa dan kini ditahan di Mabes Polri.

Pada periode menjelang dan saat Pilpres 2019, Rizieq menjadi salah satu mesin di balik deklarasi relawan Komando Pemenang Ulama (Koppasandi) Prabowo-Sandi.

Rizieq yang saat itu masih berada di Arab Saudi mengundang ulama melalui rekaman suara untuk memenangkan Prabowo-Sandi dalam pemilihan presiden.

Senada dengan Rizieq, pengurus FPI, termasuk Ketua Umum Shobri Lubis, ditetapkan sebagai tersangka kasus keramaian. Namun, Shobri belum ditangkap.

Ada beberapa pendukung Prabowo lainnya yang pernah dipenjara tapi kini sudah bebas. Salah satunya adalah frontman grup band Dewa 19 dan calon dari Partai Gerindra, Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani, saat mengadili persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya sebagai tergugat dalam kasus dugaan pencemaran nama baik. (ANTARA FOTO / Moch Asim)

Dhani dipenjara karena melakukan ujaran kebencian di akun Twitter miliknya @AHMADDHANIPRAST. Dhani divonis 1,5 tahun penjara pada Januari 2019. Dia mengajukan banding dan hukumannya dikurangi menjadi 1 tahun.

READ  Berikut rangkaian fenomena luar angkasa bulan September 2020: Okezone Techno

Masih belum puas, Dhani mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Namun Mahkamah Agung membantah permohonan Dhani. Mahkamah Agung menguatkan putusan banding dengan tetap mengirim Dhani ke penjara satu tahun.

Dalam perjalanan kasus ujaran kebencian, Dhani juga sempat dilaporkan dalam kasus hukum ITE melalui ujaran “idiot” di Surabaya. Dalam tegurannya pada Juni 2019, Ketua Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan hukuman satu tahun penjara kepada Dhani.

Hingga akhirnya, pada November 2019, Mahkamah Agung Jawa Timur (PT) memberikan keringanan kepada Ahmad Dhani dari satu tahun penjara menjadi hukuman percobaan enam bulan.

Pendukung Prabowo-Sandi lainnya yang juga mendekam di penjara adalah Ratna Sarumpaet. Juri Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman dua tahun penjara karena menyebarkan berita atau lelucon palsu.

Selain nama-nama tersebut, ada juga nama-nama pendukung Prabowo yang pernah dipenjara karena melanggar UU ITE dalam berbagai kasus, seperti Kivlan Zen karena memiliki senjata api secara ilegal, Eggi Sudjana atas dugaan makar terkait “kekuasaan rakyat” yang digelar pada tanggal 17 Agustus. April 2019 berpidato di depan kediaman Prabowo.

Kasus dugaan makar Eggi ini kemudian diselidiki kembali oleh Polda Metro Jaya.

Diskusi publik pada Selasa di Sekretariat Nasional Prabowo Sandi, Menteng, Jakarta Pusat.  Selasa, 5 Maret 2019. Pemrakarsa Garbi Mahfudz Siddiq, mantan Panglima TNI, Letnan Jenderal Purn, turut ambil bagian dalam diskusi.  Johanes Suryo Prabowo, politikus PAN, Eggie Sudjana, dosen Ubedilah Badrun.  CNN Indonesia / Andry NovelinoEggi Sudjana sebagai salah satu pembicara dalam diskusi di Sekretariat Nasional Prabowo Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, 5 Maret 2019 (CNN Indonesia / Andry Novelino)

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengingatkan Sandiaga dari kubu parpol untuk tidak melupakan perjuangan rakyat atau pendukung pemilu sebelumnya.

“Jangan lupakan perjuangan rakyat atau ummat. Mereka juga berurusan dengan pariwisata, industri kreatif dan daerah lainnya,” kata Syaikhu dalam keterangannya, Rabu (23/12).

Ia juga menegaskan sebagai oposisi, PKS akan tetap tegas mengkritisi pemerintah secara konstruktif.

READ  Diuji pada usapan, pasien sesat di Covid-19 Positive Athlete House, Negative Nurses

“Insya Allah, PKS secara konsisten akan menjadi partai oposisi yang kritis dan konstruktif, mendukung semua program pemerintah yang berpihak pada rakyat dan mengkritisi kebijakan yang tidak berpihak pada rakyat,” kata Syaikhu.

Sementara itu, melalui Wakil Sekretaris Jenderal, Partai Demokrat menduga penunjukan Sandi sebagai Menparekraf tak lepas dari kemenangan putra dan menantu Jokowi, Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution, dalam memenangkan Pilkada 2020 di Solo dan Medan.

Terkait terpilihnya Sandiaga Uno, kecurigaan publik semakin menguat bahwa dukungan rakyat terhadap Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019 dijadikan sebagai alat negosiasi politik untuk masuk ke kabinet, ”ujarnya, Selasa (22/12). .

Dengan masuknya Sandiaga ke kabinet Jokowi, saham menteri Gerindra tetap menjadi dua. Pasalnya, kader Gerindra lainnya, Edhy Prabowo yang sejak awal menjadi asisten presiden Prabowo dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan karena menjadi tersangka korupsi di ekspor induk.

Dan setelah Jokowi dilantik menjadi menteri hari ini, Sandiaga dan Prabowo sama-sama berkantor di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

(yoa / anak)

[Gambas:Video CNN]

Written By
More from Ubayd Saleh

Elvy Sukaesih, positif Covid-19, dirawat di Rumah Sakit All Yard selama 19 hari

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyanyi senior Elvy Sukaesih dilaporkan secara positif Covid-19 atau...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *