Papua, Papua Barat di antara 8 provinsi dengan anggaran tertinggi: govt

Papua, Papua Barat di antara 8 provinsi dengan anggaran tertinggi: govt

APBD Papua dan Papua Barat merupakan delapan besar provinsi di Indonesia, meskipun jumlah penduduknya kurang dari lima juta

Manokwari, W-Papua (ANTARA) – Nilai Dana Otsus Papua dan Papua Barat meningkat menjadi sekitar 2,25 persen dari dana alokasi umum, menjadikannya salah satu dari delapan provinsi dengan anggaran tertinggi, kata Menteri Dalam Negeri. .

“Rumah tangga daerah Papua dan Papua Barat adalah delapan besar di antara provinsi-provinsi di Indonesia, meskipun jumlah penduduknya kurang dari lima juta jiwa,” kata Menteri Muhammad Tito Karnavian saat berkunjung ke kecamatan Sota di Kabupaten Merauke Papua, yang dekat Perbatasan darat Indonesia-Papua Nugini terletak pada hari Minggu.

Ia didampingi Menko Polhukam Mahfud MD.

Misalnya, menurut Karnavian, APBD Papua dan Papua Barat lebih tinggi dari APBD Provinsi Sumsel yang berpenduduk lebih dari 12 juta jiwa.

Namun, karena Papua lebih besar dari Pulau Jawa, ada “kekhususan” dalam hal kebutuhan untuk mempercepat pembangunan daerah di sana, katanya.

Berita serupa: Silas Ki adalah dalang dari pos militer Kisor: Polisi

Untuk itu, pemerintah mengimbau masyarakat di Papua untuk membuat tiga provinsi lagi, termasuk Papua Selatan, melalui mekanisme pemekaran wilayah, kata menteri.

Dia sebelumnya menunjukkan bahwa Kementerian Dalam Negeri saat ini sedang menasihati dan mempersiapkan peraturan pemerintah dalam hal ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Mahfud MD memberikan tenggat waktu kepada kementeriannya untuk menyelesaikan peraturan pemerintah tentang pemekaran daerah paling lambat 19 Oktober 2021, kata Karnavian. Itu belum menyatu dengan aspirasi akar rumput, tambahnya.

Berita serupa: Papua Barat: TNI desak pengungsi pulang kampung

Karnavian kemudian meminta para tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat untuk bersatu padu menyuarakan upayanya untuk pembentukan Provinsi Papua Selatan.

Siehe auch  Meski ada sanksi, pelanggaran PPKM Darurat tetap ada. Para ahli menunjukkan sikap apatis publik - Nasional

Dia juga meminta mereka untuk menulis surat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo, menambahkan bahwa Kabupaten Merauke memiliki potensi pertanian dan perikanan yang luar biasa.

Karena potensinya yang sangat besar dan ketersediaan sumber daya manusia yang memadai, ia yakin Papua Selatan akan menjadi provinsi termaju di negara Papua.

Berita serupa: Persiapan PON di Papua 95 persen selesai: KONI

Berita serupa: Empat Kabupaten Papua Bisa Jadi Provinsi Papua Selatan: Menteri Dalam Negeri

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com