Para ilmuwan mengatakan Covid-19 bukan lagi pandemi, tetapi sindrom

Jakarta, CNN Indonesia –

makan dapat menyebabkan beberapa gangguan Kesehatan, termasuk infeksi saluran kemih atau infeksi saluran kemih. Beberapa makanan dilarang bagi mereka yang terkena dampak Infeksi saluran kemih (APA K).

Satu dari lima wanita mengatakan bahwa mereka pernah mengalami infeksi saluran kemih dalam hidup mereka. Hingga 20 persen dari mereka pernah mengalami infeksi saluran kemih lebih dari satu kali.

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri masuk ke saluran kemih. Bakteri yang mengiritasi saluran kemih seringkali menimbulkan rasa nyeri saat buang air kecil. Jika tidak ditangani, infeksi saluran kemih dapat merusak ginjal.

Wanita sepuluh kali lebih mungkin mengalami infeksi saluran kemih daripada pria. Pada wanita, bakteri mencapai kandung kemih lebih cepat karena jarak yang lebih pendek.

Meskipun antibiotik dan obat-obatan tertentu dapat mengobati infeksi saluran kemih, penting juga untuk menghindari beberapa makanan yang dilarang bagi penderita infeksi saluran kemih, seperti:

Beberapa makanan diketahui dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk gejala ISK. Berikut adalah kutipannya Kesehatan sehari-hari.

1. Kopi

Secangkir kopi di pagi hari bisa membuat Anda bahagia, tetapi juga berisiko menyebabkan infeksi saluran kemih atau memperburuk gejala Anda.

Kafein dalam kopi diketahui mengiritasi kandung kemih dan memperburuk gejala infeksi. Sebuah penelitian pada orang dengan sititis interstisial (radang kandung kemih kronis) menemukan bahwa konsumsi kopi memperburuk gejala.

Ilustrasi. Minuman beralkohol dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk gejala infeksi saluran kemih. (CNN Indonesia / Hesti Rika)

2. Minuman beralkohol

Tidak hanya menyebabkan sakit perut dan memicu naiknya asam lambung, alkohol juga dapat mengiritasi kandung kemih. Bagi Anda yang mengalami infeksi saluran kemih, meminum minuman beralkohol hanya akan membuat gejala Anda semakin parah.

READ  DITERBITKAN RESMI: Cek Harga & Spesifikasi Samsung S20 FE 5G

3. Minuman ringan

Secara umum, soda telah terbukti mengiritasi kandung kemih pada penderita sistitis kronis.

Soda yang dicampur dengan jus lemon dan soda berkafein dapat memperburuk gejala ISK.

4. Buah asam

Memang, buah merupakan bagian penting dari pola makan yang sehat. Namun, beberapa buah asam dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk gejala infeksi saluran kemih.

Hindari lemon, jeruk, dan tomat jika Anda mengalami infeksi saluran kemih. Buah-buahan lain yang dapat mengiritasi kandung kemih termasuk apel, anggur, plum, stroberi, dan nanas.

5. Makanan pedas

Jika Anda mengalami infeksi saluran kemih, hindari makanan pedas karena dapat memperburuk gejala.

6. Pemanis buatan

Pemanis buatan adalah musuh banyak penyakit, termasuk infeksi saluran kemih. Gejala ISK menjadi lebih buruk jika Anda makan terlalu banyak pemanis buatan.

Menghindari beberapa makanan yang dilarang bagi penderita infeksi saluran kemih dapat meredakan gejala.

(asr)

[Gambas:Video CNN]

Written By
More from Ubayd Saleh

Catatan! Ini adalah olahraga yang cocok untuk penderita diabetes di tengah pandemi

Suara.com – Olahraga merupakan salah satu kunci untuk mengontrol kadar gula dalam...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *