Partai pemerintah Timor-Leste mendukung kembalinya Lú-Olo sebagai presiden

Partai pemerintah Timor-Leste mendukung kembalinya Lú-Olo sebagai presiden

Laporan Asia Pasifik meja baru

Para pemimpin dari tiga partai kunci dalam koalisi pemerintahan Timor-Leste telah mengkonfirmasi bahwa mereka mendukung kepala negara petahana, Francisco “Lú-Olo” Guterres, pada putaran kedua pemilu. pemilihan presiden bulan depan, lapor kantor berita Lusa.

Para pejabat dari tiga partai — Fretilin, PLP dan KHUNTO — berkumpul di konferensi nasional Partai Pembebasan Rakyat (PLP) yang menganalisis dukungan dalam pemilihan presiden dan untuk platform tiga arah mereka untuk legislatif 2023.

Perdana Menteri Taur Matan Ruak, presiden PLP, mengumumkan bahwa ia mendukung pencalonan Lú-Olo dalam putaran kedua pemilihan presiden pada 2-16 April.

Dia tidak pernah berbicara di putaran pertama dan dia mengatakan dia sekarang akan mengambil istirahat untuk mengambil bagian dalam kampanye pemilihan.

„Rencana saya begini: pertama, koalisi tahun 2023 terus bersinergi, bersaing di pemilu legislatif,“ katanya.

„Kemudian, dalam rangka proyek terus bekerja sama, untuk mendukung Lú-Olo sebagai calon presiden untuk masa jabatan baru,“ kata Ruak kepada wartawan.

Pemimpin KHUNTO José Naimori mengatakan partainya juga mendukung kepala negara saat ini.

Dukungan untuk ’saudara Lú-Olo‘
„Tiga partai kami bersama-sama mendukung saudara Lú-Olo untuk menjadi presiden untuk masa jabatan berikutnya,“ katanya.

Dr Mari Alkatiri, sekretaris jenderal Fretilin (Frente Revolucionaria de Timor-Leste Independente), partai politik terbesar di Timor-Leste, menyatakan keyakinannya untuk mendukung Lú-Olo.

“Saya yakin PLP dan KHUNTO bersama Fretilin mendukung Lú-Olo. Ini adalah platform yang mendukung pencalonan nasional Lú-Olo,” katanya.

Ruak mengatakan fungsi perdana menteri akan dilakukan oleh wakil perdana menteri Armanda Berta dos Santos saat dia berkampanye dalam pemilihan.

Berta dos Santos, presiden KHUNTO (Kesatuan Nasional Kmanek Haburas Timor Oan) adalah kandidat tersukses ketiga dalam pemilihan presiden putaran pertama pada 19 Maret dengan 8,69 persen suara.

Siehe auch  Hebatnya, Hoax Virus Corona Meninggal 800 Orang

„Semua militan harus mempertahankan posisi ini, memastikan bahwa kita bersama hingga 2023 dan memberikan kemenangan kepada Lú-Olo,“ katanya.

Guterres memperoleh suara terbanyak kedua (22,16 persen) pada putaran pertama dan akan bersaing dengan José Ramos-Horta, mantan presiden dan peraih Hadiah Nobel Perdamaian (46,51 persen).

Keputusan lain menunggu
Di antara 16 kandidat yang menempati posisi tertinggi, keputusan resmi masih ditunggu oleh Lere Anan Timur – terpilih keempat dengan 7,57 persen suara – dan Partai Demokrat (PD) yang mendukung pencalonan Mariano Assanami Sabino, kelima terbanyak dengan 7,26 suara. persen.

Beberapa kandidat telah mengumumkan dukungan mereka, di antaranya Anacleto Ferreira, Rogério Lobato dan Isabel Ferreira, yang akan mendukung José Ramos-Horta.

Lainnya, seperti Milena Pires dan Virgílio Guterres, menyerahkan keputusan kepada kebebasan pendukung mereka, meskipun yang terakhir mengatakan dia tidak akan mendukung kandidat yang bermaksud membubarkan Parlemen — merujuk pada Ramos-Horta.

Ditanya tentang fakta bahwa istrinya, Isabel Ferreira, telah mengumumkan bahwa dia mendukung Ramos-Horta, Perdana Menteri Ruak mengatakan demokrasi dipraktikkan di rumah.

“Dalam keluarga kami ada demokrasi, kami mempraktikkan demokrasi di rumah. Kami memiliki orang Protestan, Katolik, Muslim. Dan dalam politik kami memiliki keluarga dari Fretilin, CNRT, PLP dan tidak ada masalah. Inilah demokrasi,” katanya.

Diterbitkan ulang dengan izin.

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com