Pembom AS melewati zona pertahanan udara China

Jakarta, CNN Indonesia –

Dua pembom jarak jauh Amerika Serikat diduga memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Cina Selasa (17/11).

Menurut pelacakan penerbangan Aircraft Spots, dua pembom Lancer B-1B AS meninggalkan Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam Selasa pagi dan memasuki wilayah ADIZ China di Laut China Timur.

Aircraft Spots mengatakan kedua pesawat militer itu terbang sangat dekat dengan sudut timur laut zona pertahanan udara China di Taiwan. Kedua pesawat tersebut dapat memasuki wilayah ADIZ China jika melanjutkan perjalanan di rute yang sama.


Pembom B1-B memiliki kapasitas muatan amunisi terbesar dari jenisnya. Kedua B1-B itu dikerahkan setelah Amerika Serikat mengirim jet tempur dan pesawat mata-mata di dekat garis pantai China.

Kota Pesan Pagi dari Cina Selatanmenurut aturan internasional, setiap pesawat yang terbang di atas zona pertahanan udara harus menginformasikan otoritas yang berkompeten sebelum mencapai zona tersebut.

Namun, Amerika Serikat tidak melakukan ini karena tidak memandang kawasan itu sebagai wilayah China.

Pengerahan bomber AS dilakukan saat angkatan laut China melakukan serangkaian latihan skala besar di Laut China Selatan, Laut China Timur, dan Laut Bohai.

Pengamat militer China mengatakan, latihan militer tersebut merupakan sinyal dari negara Tirai Bambu tersebut bahwa militernya dapat melakukan operasi gabungan terkoordinasi di berbagai daerah dalam waktu yang bersamaan.

Latihan militer besar-besaran ini secara tidak langsung diumumkan oleh Administrasi Keamanan Maritim China. Badan tersebut mengeluarkan pemberitahuan yang memperingatkan semua kapal untuk menghindari ujung selatan Laut Kuning di perairan dekat Pulau Hainan.

Badan tersebut juga mengeluarkan zona larangan perjalanan yang meliputi area dengan radius 5 kilometer dari Beijai, barat daya Guangzi. Lalu lintas maritim di Laut China Selatan, seperti di Teluk Honghai, barat daya Shanwei, di Guangdong selatan, juga dibatasi dari Selasa pagi hingga sore hari.

READ  Turki mengirim tentara ke Nagorno-Karabakh

Teluk Hongai terletak 100 kilometer dari pulau Pratas, yang dikendalikan oleh Taiwan. Pulau tersebut juga diklaim oleh China.

Pengamat militer yang berbasis di Hong Kong Song Zhonping mengatakan latihan angkatan laut China mungkin melibatkan peluncuran rudal.

Peringatan dalam jarak 5 kilometer menunjukkan bahwa sejumlah tembakan akan ditembakkan untuk menguji kemampuan presisi mereka, kata Song, yang merupakan mantan instruktur Korps Artileri Kedua Tentara Rakyat. melepaskan.

John Bradford, dosen senior keamanan maritim di S Rajaratnam School of International Studies di Singapura, mengatakan empat latihan militer yang dilakukan secara bersamaan dengan jelas menunjukkan kesiapan militer China.

“Latihan semacam itu akan dilakukan lebih teratur karena PLA terus memperluas kekuatan dan jangkauan keterampilan operasionalnya. Faktanya, kami perlu memperbolehkan hal ini terjadi lebih sering karena Angkatan Laut China tumbuh lebih besar. dalam ukuran dan misi, “kata Bradford.

(rds / ayp)

[Gambas:Video CNN]


Written By
More from Kaheela Miah

Nawaf Bin Saad menyusun daftar panjang pangeran Saudi yang tewas

Riyadh – Pangeran Nawaf bin Saad bin Saud bin Abdulaziz Al-Saud almarhum....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *