Pemulihan ekonomi tergantung pada kemajuan dalam menangani COVID-19: Kementerian

Pemulihan ekonomi tergantung pada kemajuan dalam menangani COVID-19: Kementerian

Jakarta (ANTARA) – Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BFK) Departemen Keuangan Febrio Kacaribu menilai arah pemulihan ekonomi Indonesia ke depan akan bergantung pada kemajuan penanganan COVID-19 di Tanah Air.

“Sejak pertengahan Juni 2021, jumlah kasus di Indonesia meningkat karena varian Delta baru yang menyebar dengan cepat,” kata Kacaribu, Kamis.

Kacaribu mencatat, pemerintah juga cepat merespon lonjakan jumlah kasus COVID-19 dengan memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak 3 Juli 2021.

Kacaribu mencatat, kebijakan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memprioritaskan penanganan pandemi guna menahan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Pelaksanaan PPKM bertujuan untuk mengurangi mobilitas komunal sehingga penularan COVID-19 dapat terkelola dan jumlah kasus aktif kembali berkurang, kata Kacaribu.

Dia tidak menampik dampak penerapan PPKM terhadap konsumsi masyarakat, namun langkah ini dinilai perlu untuk menahan pandemi dan memungkinkan pemulihan ekonomi sedini mungkin.

Berita serupa: Pemberlakuan PPKM Level 4 Lebih Lanjut: Presiden

Kacaribu optimistis konsumsi, investasi, dan ekspor akan pulih seiring dengan efektifitas penerapan PPKM.

Momentum pemulihan ekonomi juga akan berkontribusi pada peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Rencana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Kedua program ekonomi masih berjalan, tetapi dengan sumber pendapatan yang terbatas, pertumbuhan akan suram.

Arah pemulihan ekonomi akan didasarkan pada kinerja beberapa sektor ekonomi, seperti:

“Pemerintah akan fokus mengambil langkah pencegahan dan respon untuk menekan penyebaran COVID-19 dan mempercepat vaksinasi dengan tetap melakukan testing, tracking, dan treatment (3T),” kata Kacaribu.

Kacaribu memastikan sinergi antara kebijakan fiskal dan moneter juga akan terus diperkuat untuk menghindari dampak negatif dari eskalasi kasus COVID-19.

Upaya tersebut terus dilakukan sejalan dengan kinerja perekonomian pada triwulan II 2021 yang tumbuh sebesar 7,07 persen (yoy) dan sejalan dengan proyeksi Departemen Keuangan.

Siehe auch  Indonesia mengamankan 185 juta dosis vaksin dalam persediaan yang terbatas

“Ini membuktikan bahwa arah dan strategi pemulihan sudah berada di jalur yang benar dan benar-benar terjadi,” kata Kacaribu dalam keterangan penutupnya.
Berita serupa: Pertumbuhan ekonomi triwulan III tergantung PPKM darurat: Menteri
Berita serupa: Menkeu memprediksi ekonomi akan pulih ke 4,5-5,5 persen pada 2021

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com