Penampakan Menakjubkan, Foto Matahari Terbit dari ‘Bawah’ Planet Bumi

Penampakan Menakjubkan, Foto Matahari Terbit dari 'Bawah' Planet Bumi

Kemunculan matahari yang terbit dari luar angkasa tentunya berbeda dengan yang kita lihat di Bumi. Baru-baru ini, astronot NASA Bob Behnken, mengabadikan pemandangan penampakan Matahari yang cukup mencengangkan.

Bob, yang kini telah kembali ke Bumi, berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dari ketinggian sekitar 402 kilometer, ISS mengelilingi bumi secara konstan dan mengalami siang dan malam, termasuk terbitnya Matahari.

Dalam foto yang dibagikan oleh Bob di Twitter, astronot membagikan penampakan matahari terbitnya dalam empat adegan terpisah. Anda dapat melihat bahwa sisi gelap Bumi perlahan-lahan menunjukkan titik yang lebih cerah, tanda kemunculan Matahari.

BACA JUGA:
Karena kurangnya sinar matahari, bumi pernah menjadi bola salju
Luar biasa !, Ini adalah Penampakan Matahari yang Dekat
Mengungkap Misteri ‘Api Unggun’ di Permukaan Matahari

“Saat pertama matahari terbit dari Stasiun Luar Angkasa Internasional,” tulis Bob. Postingannya mendapat banyak perhatian dari netizen, dengan lebih dari 500 komentar dan suka mencapai lebih dari 63 ribu.

Tentu foto ini mengundang keingintahuan, misalnya, mengapa matahari tampak seperti terbit dari bawah planet ini. “Kenapa Matahari ada di bawah ufuk, bukan di atasnya? Ini membingungkan,” tanya seorang netizen.

Seorang netizen menjawab bahwa pemandangan matahari terbit dari luar angkasa berbeda-beda dan juga tergantung dari posisi ISS yang melayang di atasnya. Jika posisi ISS berbeda, tentunya foto yang diambil akan menghadirkan tampilan yang berbeda.

Ada juga yang menjelaskan bahwa kelengkungan bumi merupakan lapisan atmosfer sehingga sinar matahari terlihat agak tertahan. Lengkungan juga menjadi batas antara siang dan malam yang terjadi di Bumi.

ISS sendiri bergerak sangat cepat dan menyelesaikan orbit Bumi hanya dalam 90 menit. Artinya setiap hari, astronot yang berada disana bisa melihat hingga 16 kali matahari terbit dan juga 16 kali matahari terbenam.

READ  ISS Merekam Momen 2 Fenomena Indah dari Bumi dalam Satu Halaman Gambar semua

Sumber: detikINET | Foto: Bob Behnken

IKUTI SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan Javascript untuk melihatnya.

Written By
More from Ubayd Saleh

Asteroid Terdeteksi Melintas 2.950 Kilometer Di Atas Samudera Hindia

TEMPO.CO, Washington – Pengamatan asteroid Didanai oleh badan antariksa AS, NASA, mendeteksi...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *