Pengguna mengeluh bahwa PlayStation 5 macet karena kode CE-108255-1

TEMPO.CO, Jakarta – Beberapa pengguna PlayStation 5 (PS5) melaporkan kesalahan yang memicu kode kesalahan CE-108255-1 saat bermain. Meskipun mesin diduga tidak memengaruhi mesin, keluhan telah muncul di media sosial sejak Sony diluncurkan pada 12 November.

CBS News mewawancarai tujuh pengguna yang mengalami hal ini, empat di antaranya mengatakan demikian Sony menolak untuk mengambil tindakan dan memberi tahu mereka untuk menunggu pembaruan perangkat lunak yang akan mengatasi kode kesalahan. Dua diganti dan satu tidak ada masalah lagi setelah pembaruan sistem pada 25 November.

“Patch tersebut meningkatkan kinerja sistem dan masalah dengan pengontrol muatan dan versi disk game, tetapi tidak menentukan apakah itu dapat menyelesaikan masalah crash game,” kata Sony, seperti dikutip oleh CBS News.

Sony tidak menjawab pertanyaan apa pun tentang kesalahan atau jumlah perangkat yang dikirimkan untuk penggantian. Perusahaan mengonfirmasi bug di halaman dukungan mereka. Namun, tidak ada langkah yang disarankan untuk menentukan apakah masalah dapat diselesaikan dengan sukses.

Pengecer besar tempat pelanggan membeli PS5 – Best Buy, Walmart, Amazon, dan Gamestop – tidak menjawab pertanyaan tentang jumlah konsol yang dikembalikan. Mereka menolak membagi jumlahnya.

Andrew, 31, dari Long Island, New York, mengatakan pengalamannya dengan PS5 sangat membuat frustrasi. Dia mengatakan dia menerima kode kesalahan dan pada titik tertentu seluruh konsolnya mati.

Dia mengirim PS5 kembali ke Sony dan menunggu kabar setelah melakukan penelitian. “Dukungan telepon sangat baik dan pengertian, tetapi akan membutuhkan beberapa sesi obrolan dan panggilan telepon sebelum ditarik. Mudah-mudahan proses selanjutnya berjalan lancar,” ujarnya.

Sedangkan Shahiq Saeed, 17 dari Pakistan, mengaku membeli PS5 dari pengecer lokal. Saat dia menyalakan sistem, kode kesalahan mencegahnya memainkan game barunya. Dia kembali ke toko pada hari yang sama dan menukar konsolnya dengan yang baru. Dan dia tidak punya masalah sejak itu.

READ  Spesifikasi dan harga Asus ROG Phone 3 di Indonesia

“Saya sangat frustrasi dan kecewa dengan segalanya karena telah menghabiskan begitu banyak uang untuk konsol baru. Saya sangat menantikan untuk mencoba semua permainan. Untungnya, saya dapat memperdagangkannya dan saya senang berhasil sekarang,” kata Saeed.

Namun, pria berusia 28 tahun asal London bernama Stuart ini tidak seberuntung Saeed. Dia mengatakan Sony tidak memberinya kesempatan untuk menukar konsolnya dengan yang baru. Stuart mengaku kesal dengan lambatnya respon Sony. Tidak ada pernyataan publik tentang suatu masalah yang tampaknya mempengaruhi banyak orang.

“Saya pernah mendengar tentang beberapa orang yang dapat mengembalikan unit mereka di Inggris tetapi sejauh ini saya tidak beruntung,” kata Stuart.

Alex Waldruff dari Sycamore, Ohio mengatakan dia menyerah sepenuhnya dan mengembalikan PS5 ke Best Buy untuk pengembalian dana. Pria berusia 34 tahun itu mengatakan tip pemecahan masalah Sony di situs webnya tidak menyelesaikan masalah dan dia tidak pernah menghubungi teknisi dukungan melalui telepon.

“Itu membuat frustrasi. Saya kemungkinan besar akan membeli yang lain, yang dapat diandalkan. Tetapi saya tidak ingin membeli yang lain dan mengalami hal yang sama,” kata Waldruff.

Namun, Serkan Toto, pendiri konsultan industri video game Kantan Games, mengatakan masalah tersebut relatif normal dan “dihargai” oleh konsumen awal. Toto menunjukkan masalah masa lalu yang dialami Sony dengan peluncuran konsol barunya.

Menurut Toto, gamer melaporkan bug di PS4 pada 2014 yang menurut Sony hanya memengaruhi 0,4 persen konsol. “Saya akan mengatakan itu adalah kesalahan PS5Relatif mudah dalam gambaran besar ini, “kata Toto.

BERITA CBS | GAME SPEW

Written By
More from Witha Samad

Poco X3 NFC dengan Snapdragon 732G ditujukan untuk kelas menengah, begitulah harganya

Jakarta (ANTARA) – Xiaomi resmi meluncurkan Poco X3 NFC Kelas menengah di...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *