Peningkatan kasus Covid-19 di Jawa Barat akan terus terjadi

Peningkatan kasus Covid-19 di Jawa Barat akan terus terjadi
Petugas melakukan tes cepat Covid-19 bagi pengunjung tempat wisata. (Ayobandung.com/Kavin Faza)


KOTA PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM – Kasus Covid-19 di Indonesia, termasuk Jawa Barat, masih terus meningkat. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani mengatakan situasi peningkatan kasus akan berlanjut setidaknya hingga beberapa bulan ke depan.

Berli mengatakan saat ini kasus positif Covid-19 yang terkumpul telah mencapai lebih dari 35.000 kasus, dengan kasus positif aktif mencapai hampir 10.000 kasus. Angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Jawa Barat adalah 69% di bawah angka kesembuhan nasional dan angka yang disyaratkan oleh WHO.

“Angka kematian 2,03%, angkanya masih berfluktuasi. Kami juga telah memperhitungkan dugaan bahkan kemungkinan kematian. Nampaknya angka kematian akan terus meningkat dalam beberapa bulan ke depan,” kata Berli dalam diskusi bertajuk „2021, apakah itu benar?“ Akankah Covid-19 hilang? diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran secara online, Kamis (29/10/2020).

Dia mengatakan berdasarkan model yang dijalankan partainya, lonjakan kasus positif Covid-19, termasuk tren peningkatan angka kematian, akan terus meningkat selama 30 hari ke depan. Faktanya, Covid-19 diprediksi tidak akan hilang hingga tahun depan.

“Prediksi 30 hari ke depan, sampai November trennya akan terus naik. Kami punya dua model simulasi puncak pandemi di Jabar,” ujarnya.

Model pertama menunjukkan kemungkinan peningkatan kasus Covid-19 jika pemerintah dan masyarakat sama sekali tidak melakukan intervensi. Hasilnya diperkirakan akan ada 3,4 juta kasus positif hingga 12 Desember 2020, dengan 172.000 pasien kritis mengisi ruang isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Barat mulai 17-18 Oktober 2020.

“Tapi alhamdulillah hal itu tidak terjadi, karena pengisian tempat tidur di IGD pada tanggal 17 dan 18 Oktober menunjukkan sebesar 60%. Untuk zona hijau dan kuning (di rumah sakit) tingkat huniannya 27%”, dia berkata.

Sedangkan model kedua menggambarkan situasi di mana Pemprov Jabar melakukan berbagai intervensi politik untuk mencegah penularan Covid-19 yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 98.000 kasus positif Covid-19 di Jawa Barat pada puncak kasus.

“Ada 4.920 pasien kritis yang akan muncul setelah Januari 2021. Kemungkinan masih akan dihadapkan pada Covid-19 pada 2021,” kata Berli.

Dia mengatakan salah satu langkah yang bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 saat ini adalah vaksin. Namun, masih belum pasti apakah itu akan tersedia atau layak.

“Sampai saat ini ketersediaan dan kelayakan vaksin belum pasti. Vaksin masih diujicobakan baik di Indonesia maupun di luar Indonesia,” ujarnya.

Kedisiplinan masyarakat sangat penting saat menerapkan 3M. Jika dilakukan dengan baik, pandemi Covid-19 dapat mengubah statusnya menjadi epidemi.

“Kita masih akan menghadapi pandemi ini, paling tidak akan mewabah, tidak ada istilah setelah pandemi. Penyakit ini, seperti penyakit lain seperti TBC, akan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Ahli epidemiologi Unpad Budi Sujatmiko mengatakan, memakai masker dan menjaga jarak masih menjadi upaya paling efektif untuk mencegah penularan Covid-19 di masyarakat. Menggunakan masker kain dapat mengurangi risiko penularan hingga 45%.

“Menggunakan masker sekali pakai atau bedah bisa mengurangi risiko penularan hingga 70%. Risiko penularan paling rendah adalah pada jarak minimal 1 meter, risiko bisa ditekan hingga 85%,” ujarnya.

Siehe auch  Indonesia harus merebut teknologi menuju pemulihan pendidikan global melalui G20 - Sab, 26 Maret 2022

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com