Penyakit apa sajakah yang menyebabkan Swami Vivekananda memasuki usia muda?

(Jai Prakash Singh)

Hari ini adalah hari ulang tahun Swami Vivekananda, yang juga relevan dengan generasi muda negara. Jenius brilian Swami Vivekananda mengibarkan bendera pengetahuan, spiritualitas dan patriotismenya di seluruh dunia. Namun, dia meninggal sebelum berusia 40 tahun. Dia sendiri sudah berkali-kali mengatakan bahwa dia tidak akan hidup lama. Ada masalah apa dengan Swami Vivekananda yang sangat memperhatikan kesehatan?

Sebelum Swami mengetahui penyebab kematiannya, dia mengetahui masa kecil Vivekananda dan spesialisasinya untuk memahami mengapa dia akan sering diingat pada tahun 2021 juga. Ia lahir dalam keluarga Kayastha di Kalkuta pada tahun 1863. Nama masa kecilnya adalah Narendra Nath Dutt. Ayahnya, Vishwanath Dutt, adalah seorang pengacara di Mahkamah Agung Calcutta.

Baca Juga: Dijelaskan: Apa Itu Sindrom China dan Mengapa Itu Membentuk Tanah? Narendra Nath Dutt meninggalkan rumah dan menjadi biksu pada usia 25 tahun. Dia adalah murid eksklusif Ramakrishna Paramahamsa. Dia baru dipanggil Vivekananda setelah pensiun. Swami Vivekananda mendirikan Misi Ramakrishna di Calcutta pada tanggal 1 Mei 1897 dan Ramakrishna Math di Belur pada 9 Desember 1898 di tepi Sungai Gangga.

Vivekananda juga mempelajari logika Barat, filsafat Barat, dan sejarah Eropa.

Ketika Swami Vivekananda memulai pidatonya dengan berpidato di depan “Saudara dan Saudari Amerika” di Parlemen Agama di Amerika, ada tepuk tangan selama dua menit di Institut Seni Chicago. Hari itu tanggal 11 September 1893, tercatat selamanya dalam sejarah.

Swami Vivekananda adalah seorang yang rajin membaca filsafat, agama, sejarah, ilmu sosial, seni dan sastra. Selain Veda, Upanishad, Bhagavad Gita, Ramayana, Mahabharata dan Purana, dia sangat tertarik pada banyak kitab suci Hindu. Ia juga mempelajari logika barat, filsafat barat, dan sejarah Eropa.

READ  Ilmuwan menemukan planet dengan batu hujan, angin supersonik, dan lautan lava

Baca Juga: Dijelaskan: Bisakah Twitter Melarang Donald Trump Selamanya?

Bahkan setelah menjalani gaya hidup yang baik, Swamiji memiliki banyak penyakit, asma dan diabetes juga termasuk di dalamnya. Bukan karena Swami Vivekananda tidak sadarkan diri atas namanya. Mereka mengatakan bahwa penyakit tidak akan memungkinkan saya untuk melewati 40 tahun. Dan hal yang sama terjadi. Nubuatannya tentang kematiannya ternyata benar dan dia meninggal pada usia yang sangat muda yaitu 39 pada tanggal 4 Juli 1902 di Ramakrishna Math di Belur, mengenakan Mahasamadhi dalam keadaan meditasi. Dia dikremasi di tepi Sungai Gangga di Belur. Ini adalah tempat dimana Guru Ramakrishna Paramahamsa dikremasi.

Swami vivekanand

Bahkan setelah menjalani gaya hidup yang baik, Swami Vivekananda menderita banyak penyakit

Sejak itu, para sarjana dari seluruh dunia telah berbicara tentang spiritualitas dan filosofi Swami Vivekananda. Swami Vivekananda menyentuh hati para pemuda, hampir tidak ada yang melakukannya. Roma-Roma-nya penuh dengan patriotisme dan dia memandang layanan orang miskin dan inferior bangsa sebagai penyembahan sejati kepada Tuhan. Oleh karena itu, ulang tahunnya pada tahun 1985 diperingati sebagai Hari Pemuda Nasional. Sejak itu kami merayakan hari ini dengan sangat antusias.

Baca Juga: Mengapa Indonesia Menjadi Negara Terburuk di Dunia yang Terbang?

Meskipun pidatonya di Chicago dikenang selamanya, ada banyak hal seperti itu dari Vivekananda yang menambah semangat kaum muda. Satu kalimat yang sering diingat: bangunkan singaku dan hapus ilusi bahwa kamu lemah. Anda adalah jiwa yang tidak berkematian, kehidupan yang bebas, kekal, Anda bukanlah elemen atau tubuh, elemen adalah pelayan Anda, Anda bukan pelayan elemen.

Baca juga: Kode Peluncuran Nuklir, yang Dapat Digunakan Presiden AS untuk Melancarkan Serangan Nuklir Hanya Dalam 30 Menit

READ  Pesawat SpaceX bersertifikat NASA

Saat menjelaskan perbedaan antara jalan yang benar dan yang salah kepada orang-orang, dia pernah berkata bahwa pada hari Anda tidak memiliki masalah, Anda dapat yakin bahwa Anda berada di jalan yang salah. Tentang Vivekananda, beberapa hal dikatakan tentang dirinya yang menunjukkan mentalitas masyarakat. Seperti yang pernah dia katakan – inilah dunia; Jika Anda membantu seseorang, orang tidak akan mementingkan mereka, tetapi begitu Anda menghentikan pekerjaan ini, mereka tidak akan ragu untuk segera membuktikan bahwa Anda adalah seorang penjahat. Orang yang emosional seperti saya dikhianati oleh orang-orang yang mereka cintai.

(Penulis Jai Prakash Singh adalah perwira senior di Kepolisian India. Dia saat ini bekerja sebagai IG, polisi bersenjata, dan perusahaan pelatihan di Shimla.)

Written By
More from Said Rafiq

Misi Hayabusa2 Jepang Mengirimkan seluruh sampel batuan asteroid ke Bumi

TEMPO.CO, Jakarta – Pesawat luar angkasa Jepang Hayabusa2 menyelesaikan misi pertamanya dalam...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *