Perangkap hukum menghantui Trump jika bukan presiden AS

Jakarta, CNN Indonesia –

Pasangan keluar dari Presiden Amerika Serikat, Donald truf dan wakil presiden Mike pence kembali ke depan pemilu 2020 menghadapi pasangan Joe bidenKamala harris. Hasil pemilu kali ini akan berdampak signifikan terhadap nasib Trump yang “ dihantui ” sejumlah ancaman hukum serius.

Dalam minggu-minggu setelah hari pemilihan, serangkaian investigasi sedang dilakukan untuk menyelidiki kemungkinan tindakan penipuan transaksi bisnis keluarga sebagai warga negara – baik sebagai individu maupun melalui bisnisnya jika dia berhenti menjadi Presiden Amerika Serikat.

Sebagai presiden, dia dapat mengajukan penyelidikan dan tuntutan hukum yang tertunda, termasuk tuduhan pajak kembali. Pengadilan terkenal karena meminta Trump untuk membayar kembali pajaknya.


“Bagaimanapun, mundur dari fungsi Anda [presiden] Lebih mudah bagi jaksa dan penggugat dalam kasus perdata untuk mengajukan tuntutan terhadapnya, “ujar mantan jaksa federal Harry Sandick seperti dikutip dalam CNN.

Tunggakan pajak dan catatan keuangan

Ancaman hukum paling serius yang akan dihadapi Trump adalah penyelidikan terhadap fungsi keuangan organisasi Trump. Jaksa penuntut telah menyarankan dalam dokumen pengadilan bahwa proses investigasi dapat memeriksa apakah Trump dan perusahaannya terlibat dalam penipuan bank, asuransi, perpajakan kriminal, dan pemalsuan catatan keuangan.

Selama proses investigasi, Trump telah menantang panggilan pengadilan ke kantor akuntannya atas pengembalian pajak dan catatan keuangan selama delapan tahun terakhir. Lima pengadilan memutuskan panggilan itu sah, dan minggu lalu Trump harus menelan pil pahit karena banding federal ditolak.

Belum sampai di sana, pengacara Trump telah meminta Mahkamah Agung untuk menghentikan panggilan pengadilan, agar memberikan waktu untuk mengajukan banding.

Pada Juli, Trump kalah banding ke pengadilan tertinggi. Pada saat itu, putusan pengadilan mengatakan bahwa Trump tidak kebal dipanggil oleh juri negara bagian.

READ  Perang Dunia Trump-Xi Jinping di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa

Selama lebih dari setahun, jaksa penuntut New York mengatakan catatan pajak, kertas kerja dan dokumentasi yang terkait dengan transaksi bisnis sangat penting untuk penyelidikan lebih lanjut.

Penyelidik juga menyelidiki keringanan pajak atas properti Trump di Seven Springs di Bedford, New York dan Trump National Golf Club di Los Angeles. Penyelidik juga menyelidiki penilaian gedung perkantoran di Wall Street dan pembatalan pinjaman lebih dari US $ 100 juta di Trump International Hotel and Tower di Chicago.

Jaksa Agung Washington, DC dan Maryland menggugat Trump pada tahun 2017 karena mengambil keuntungan dari jabatan kepresidenannya secara korup dengan menempatkan kepentingan keuangannya di atas orang Amerika.

Dalam dokumen pengadilan, pengacara untuk organisasi Trump menuduh Jaksa Agung New York Letitia James bermotivasi politik, tetapi hakim dengan tegas membantahnya.

Penyelidik negara bagian telah menyiapkan lebih dari 30 panggilan pengadilan, termasuk kepada organisasi Trump dan lainnya terkait urusan Trump.

Tuduhan pemerkosaan terhadap kolumnis

Trump juga menghadapi tuntutan hukum pencemaran nama baik dan pemerkosaan di ruang ganti department store yang melibatkan mantan kolumnis konsultan majalah Elle E. Jean Carroll pada pertengahan 1990-an.

Trump membantah tuduhan terhadapnya.

Jika bantahan Trump dikabulkan, gugatan yang telah diajukan ke pengadilan sejak November lalu itu akan dibatalkan karena Departemen Kehakiman AS tidak bisa digugat karena fitnah.

Namun Carrol mengindikasikan upaya untuk menggulingkan Trump dengan menunjukkan sampel materi genetik pada gaun yang dikenakannya pada hari pemerkosaan tersebut.

Pelecehan seksual terhadap mantan pesaing “ The Apprentice ”

Kasus lain yang juga siap menjebak Trump adalah tuduhan fitnah dan pelecehan seksual terhadap mantan kontestan reality show ‘The Apprentice’, Summer Zervos.

READ  Juru bicara Gedung Putih Trump dinyatakan positif Covid-19

Zervos mengklaim Trump melakukan pelecehan seksual terhadapnya pada tahun 2007. Trump diduga mencium bibirnya secara agresif saat makan siang di kantornya di New York dan menyentuh payudaranya pada pertemuan lain di Beverly Hills.

Dalam gugatannya, ia mengaku menjadi korban pelecehan dan ancaman menyusul pencabutan tuduhan yang dilontarkan Trump.

Trump telah mengajukan banding atas keputusan tersebut, dengan alasan bahwa klausul supremasi konstitusional melarang pengadilan negara bagian untuk menjatuhkan tuduhan terhadap presiden yang akan keluar.

Kasus Zervos saat ini menunggu keputusan Pengadilan Banding Negara Bagian New York.

Pengadilan Mary, keponakan Trump

Donald Trump juga menghadapi persidangan dari keponakannya Mary karena kepemilikan. Dalam gugatannya, Mary merasa tertipu karena Trump dan saudara perempuannya menyita properti almarhum saudara laki-laki mereka sehubungan dengan kerajaan real estate keluarga yang dibangun oleh Fred Trump Sr.

Beberapa pengacara berspekulasi bahwa Trump mungkin mencoba memaafkan dirinya sendiri atas kejahatan federal sebelum dia meninggalkan jabatannya, angka di atas hukum.

(evn)

[Gambas:Video CNN]

Written By
More from Kaheela Miah

Uji coba vaksin Corona Johnson & Johnson menunjukkan respons imun yang kuat. Halaman semua

KOMPAS.com – Hasil awal uji klinis dosis tunggal vaksin Eksperimen Johnson &...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *