Perbedaan Antara RNA Virus dan Reverse Transcription RNA Virus

KOMPAS.com – Virus memiliki materi genetik yang terdiri dari DNA atau RNA. Ada virus dengan RNA yang memiliki untai tunggal, beberapa juga memiliki untai ganda, dan keduanya membawa penyakit yang berbeda.

Tapi tahukah Anda bahwa ada virus RNA yang berubah menjadi virus DNA dan dikenal sebagai virus RNA transkripsi terbalik? Lalu apa perbedaan antara virus RNA transkripsi balik dan virus RNA biasa? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak uraian di bawah ini!

Pertanyaan dan diskusi

Apa perbedaan antara virus RNA dan virus RNA transkripsi balik?

Balasan:

Virus RNA adalah virus yang memiliki materi genetik padat berupa asam ribonukleat atau RNA. Sementara itu, virus RNA transkripsi balik dikenal sebagai retrovirus. Ini adalah virus yang materi genetiknya berubah ketika RNA untai tunggal menjadi DNA untai ganda.

Virus Rna Terdiri dari 3 kelompok utama berdasarkan strukturnya yaitu virus RNA untai ganda (dsRNA), virus RNA untai tunggal positif (ssRNA +) dan virus RNA untai tunggal negatif (ssRNA-).

Baca juga: Apa perbedaan antara RNA dan DNA?

Sementara itu, virus transkripsi balik tidak lagi diklasifikasikan dan segera dipecah menjadi spesies virusnya.

Melaporkan dari sangat sehatRetrovirus disebut retro karena proses transkripsi dibalik ketika biasanya proses transkripsi dari DNA ke RNA, sedangkan pada retrovirus transkripsi dari RNA ke DNA dibalik.

READ  Ilmuwan menemukan petunjuk untuk mempelajari planet 9
Written By
More from Said Rafiq

JSM ALFAMART PROMO CATALOG, promo gantung 26 Oktober – 1 November 2020 Ada nasi murah dengan susu

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – – Alfamart Minggu ini juga, penawaran dan diskon menarik akan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *