Petani bersyukur bendungan Bintang Bano baru resmi disetujui Presiden

Petani bersyukur bendungan Bintang Bano baru resmi disetujui Presiden

JAKARTA (ANTARA) — Para petani mensyukuri pembangunan bendungan Bintang Bano seluas 256 hektare yang baru diresmikan pada Jumat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Menurut Kantor Pers Sekretariat Presiden, para petani di sekitar bendungan menghargai Bendungan Bintang Bano yang dapat mengairi 6.700 hektare sawah.

Salah satu petani di Desa Moteng, Ahyar Rosadi menjelaskan, saluran irigasi bendungan bisa digunakan untuk membuka lahan baru untuk pertanian.

“Kita bisa memanfaatkan saluran irigasi Bendungan Bintang Bano untuk mengembangkan lahan pertanian baru,” ujarnya.

Menurut Rosadi, petani di sana dulu mengandalkan air hujan untuk irigasi, yang dikenal dengan pertanian tadah hujan.

Selain itu, berdasarkan pengalaman petani, Bendungan Bintang Bano dapat mengurangi banjir di Desa Moteng. Diakui Rosadi, dalam dua tahun terakhir tidak pernah terjadi banjir sejak bendungan itu diresmikan.

“Dulu tahun 2018, padi yang sudah dipanen siap ditumbuk, tapi hujan deras turun dan menghanyutkan (padi yang dipanen). Para petani kemudian kecewa dan menderita kerugian besar. Alhamdulillah (alhamdulillah), karena belakangan ini desa kami tidak kebanjiran dalam dua tahun terakhir ini,” jelasnya.

Sangkot Rangkuti, petani lain di Desa Bangkot Monteh, mengatakan bendungan baru itu membawa hasil nyata dalam menangani masalah banjir.

“Sebelum (ada) Bendungan Bintang Bano, desa kami (sering) kebanjiran hingga ke daerah Taliwang. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi banjir,” jelas Rangkuti.

“Kami berharap Bapak Presiden juga dapat memperhatikan bantuan bagi petani, seperti B. Pupuk, karena sulit didapatkan. Apalagi setelah bendungan ini, kami menargetkan panen bisa tiga kali setahun,” jelas Rangkuti.

Berita Terkait: Jokowi meresmikan Bendungan Bintang Bano di Nusa Tenggara Barat
Berita Terkait: Pembangunan Bendungan Temef 78% selesai
Berita Terkait: Jokowi meresmikan Bendungan Randugunting di Jawa Tengah

Siehe auch  Terlepas dari kenyataan bahwa banyak tentara terbunuh, Perdana Menteri Armenia: kita harus menang

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com