Petani Punjab Perubahan kebahagiaan melalui pertanian melalui perubahan tanaman dan tumbuh kembang Jagran Istimewa

Patiala, [दीपक मौदगिल]। Ini adalah “dar ji dewasa”. Itu adalah sardar dengan bunga. Namanya Bahadur Singh. Penduduk desa tersebut adalah Muslim Khedi di Kecamatan Patiala. Keringat di sawah, pemikiran positif, keterbukaan untuk berubah dan kemauan untuk melakukan sesuatu membuatnya menjadi petani yang progresif saat ini dengan pendapatan tiga kali lipat. Ini adalah contoh petani yang terlibat dalam siklus panen gandum dan beras serta daya tarik MSP. Ketika dia beralih pertanian, keberuntungan berubah. Bahadur Singh berganti tanaman dan menanam bunga, dia bisa bekerja keras.

Siklus panen terputus, meninggalkan godaan tanaman tradisional, pendapatan meningkat lima kali lipat

Di masa lalu, Bahadur Singh bisa menghasilkan 30 hingga 40.000 rupee per benteng dengan menanam gandum. Sekarang bunga yang tumbuh menghasilkan antara satu setengah dan dua lakh rupee. Dia menjelaskan bahwa awalnya ada ketakutan dalam florikultura, apakah akan berhasil atau tidak. Harus bekerja keras tapi mendapatkan hasil yang sama. Bahadur Singh telah menanam bunga selama lebih dari sepuluh tahun. Saat ini 17 benteng sedang menanam bunga di negara ini. Kini bibit gandum hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Bahadur Singh dengan seorang ahli agronomi di ladang bunganya. (Gambar disediakan oleh Bahadur Singh)

150 petani mendapat untung melalui pertanian kontrak, benih bunga diekspor

Seperti Bahadur Singh yang muncul dari siklus panen, Jagdev Singh dari Lohtabdi, Ludhiana telah membudidayakan bunga sejak tahun 1996. Dia mengatakan bahkan ketika panen bunga tidak bagus karena cuaca atau alasan lain, bahkan sebuah benteng menerima keuntungan satu lakh rupee dari tanah itu. Senada dengan itu, Amrik Singh dari desa Giddadani di Sangrur, yang telah bekerja sejak 1997, mengatakan bahwa kebutuhan mesin untuk menanam bunga lebih sedikit dibandingkan dengan gandum. Banyak pekerjaan dilakukan dengan tangan. Keuntungannya jauh lebih tinggi.

READ  Tips menempatkan router WiFi yang tepat agar internet tidak lambat: okezone techno

Tidak hanya di Punjab, tetapi dalam kehidupan sekitar 150 petani di Haryana dan Rajasthan, menanam bunga telah membuat hidup para petani bahagia. Setelah pensiun pada tahun 1993, dia mengambil pekerjaan ini. Dia bekerja sama dengan petani. Semua ini membudidayakan bunga dengan pengecualian menanam gandum.

Mantan ahli agronomi menghubungkan petani dari Punjab, Haryana, Rajasthan dengan Phagos

Dr. Rang, yang berasal dari Patiala, berkata: “Selain Patiala, Ludhiana, Sangrur, petani Haryana dan Sri Ganganagar (Rajasthan) ada hubungannya dengan saya.” Dengan inspirasi dari Dr. Peringkat para petani ini telah menerima kontrak panen fa magas. Dr. Rang mendirikan perusahaannya atas nama Biocarv Seeds Private Limited. Dia membeli bunga dari petani dan mengekspor 90 persen ke berbagai perusahaan di AS, Belanda, Polandia, Jerman, Prancis, dan Inggris.

Benih juga diekspor ke Dubai dan Indonesia. Dr. Rank memberi petani bunga panis gratis. Beli bunga langsung dari petani. Bibit bunga ini diperoleh di fasilitas mereka di Desa Dhablan di Jalan Nabha. Petani menerima hasil panennya segera dengan menyortir.

Baca juga: Sakit, polos, meninggal saat memijat, ibu pingsan di pangkuannya

Baca juga: Kamal: Baik mobil maupun ke Delhi tidak pernah sampai ke e-challan polisi Delhi

Di sini untuk membaca berita dari Haryana klik Lakukan itu

Di sini untuk membaca berita Punjab klik Lakukan itu

Kumbh-Mela-2021

Ketahui semua berita penting dan dapatkan e-paper singkat, berita audio dan layanan lainnya. Unduh aplikasi Jagran

Written By
More from Said Rafiq

Apakah Anda ingin membuka pom bensin Pertashop Anda sendiri? Ini ibukotanya

Jakarta – – Bukan tidak mungkin untuk menjalankan bisnis sendiri di tengah...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *