Presiden naik motor custom peresmian Sirkuit Mandalika

Presiden naik motor custom peresmian Sirkuit Mandalika

Jakarta. Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyelesaikan putaran penuh pada sepeda motor kustomnya di Sirkuit Internasional Mandala yang baru dibangun di Lombok pada hari Jumat ketika ia meresmikan arena pacuan kuda kelas dunia pertama di negara itu.

Rangkaian Grand Prix sepeda motor akan berlangsung di rute 4,3 kilometer akhir pekan ini, dimulai dengan Asia Talent Cup. Ini akan pindah ke tahap yang lebih besar minggu depan ketika putaran final World Superbike berubah menjadi keputusan gelar bagi para pembalap.

Kemudian pada bulan Maret datang balapan yang dinanti-nantikan di mana trek itu dibangun: Kejuaraan Dunia MotoGP di Indonesia.

Jalan sepanjang 17 kilometer yang menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan Bandara Internasional Lombok sebelumnya telah diselesaikan di sebelah rute, kata Jokowi dalam sambutannya.

“Waktu tempuh antara bandara dan Mandalika dipersingkat menjadi hanya 15 menit,” kata presiden yang masih mengenakan helm dan kulit itu.

“Trek Mandalika sepanjang 4,3 kilometer yang dibangun dengan menggunakan teknologi aspal terkini – stone mastic asphalt – juga telah selesai dan siap digunakan,” tambahnya.

Sambutan itu disampaikannya usai menyelesaikan putarannya dalam kondisi basah dengan didampingi tokoh-tokoh terkemuka lainnya seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Menteri BUMN Erick Thohir bertindak sebagai Grand Marshal yang mengibarkan bendera kotak-kotak di dekat garis start dan finish.

Presiden Joko Widodo bersiap untuk putaran di Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, 12 November 2021. (Biro Pers Presiden/Agus Suparto)

“Sirkuit Mandalika masih baru dan sebelum pangkuan saya diguyur hujan, jadi saya membatasi kecepatan saya,” kata Jokowi.

Kemudian dia bercanda: “Meskipun tidak melebihi batas kecepatan, pengemudi lain mungkin jauh di belakang saya.”

Sepeda motor Café Racer-nya disediakan oleh pembuat sepeda kustom Katros Garage, yang dibangun di atas Kawasaki W175 175cc.

Siehe auch  Lapan: Puncak hujan meteor diamati lewat tengah malam hingga fajar

Sepeda dicat hijau dengan tanda presiden “RI-1” di kaca depan dan belakang.

Sirkuit ini dapat menampung sekitar 200.000 pengunjung, 50.000 di antaranya berada di tribun.

“Di sini ada 17 tikungan tajam yang menurut saya sangat menantang, tapi mungkin tidak ada masalah sama sekali bagi pembalap,” kata Presiden.

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com