Putusan Pengadilan Hukum Pertambangan Indonesia Tidak Akan Menghentikan Perusahaan Perpanjangan Izin

Putusan Pengadilan Hukum Pertambangan Indonesia Tidak Akan Menghentikan Perusahaan Perpanjangan Izin

Undang-Undang Pertambangan 2020 bertujuan untuk mendorong investasi di sektor sumber daya mineral negara yang kaya dan memasukkan klausul yang akan menjamin perpanjangan izin operasi dari perusahaan pertambangan yang beroperasi di bawah sistem kontrak lama dan mengubahnya menjadi sistem izin pertambangan baru.

Artikel terkait: Indonesia berencana mengerem ekspor bahan mentah

Pengadilan memutuskan bahwa perpanjangan tersebut dapat “diberikan” kepada penambang tetapi tidak “dijamin”.

“Dari sisi bisnis, putusan MK tidak membatasi hak pemegang kontrak pertambangan batu bara untuk mengajukan perpanjangan kontrak yang berubah menjadi izin pertambangan khusus,” kata Hendra Sinadia, direktur eksekutif Gabungan Pengusaha Batubara Indonesia kepada Reuters.

Gugatan yang diajukan tahun lalu oleh kelompok masyarakat sipil yang berpendapat bahwa jaminan perpanjangan kontrak untuk penambang melanggar prinsip konstitusional Indonesia bahwa sumber daya alam negara harus dikuasai oleh negara untuk kepentingan rakyat Indonesia, dokumen pengadilan menunjukkan.

Pengadilan mengatakan bahwa setiap hubungan hukum antara pemerintah dan perusahaan pertambangan swasta berakhir setelah berakhirnya kontrak pertambangan mereka dan bahwa pemerintah tidak boleh memberikan prioritas kepada perusahaan tertentu untuk izin pertambangan baru.

Departemen Pertambangan tidak menanggapi permintaan komentar Reuters pada hari Senin.

Selama perusahaan pertambangan mematuhi peraturan perundang-undangan dan persyaratan, perusahaan berhak mendapatkan perpanjangan dalam bentuk sistem perizinan baru, tambah Hendra.

(oleh Bernadette Christina Munthe dan Fransiska Nangoy; adaptasi oleh Susan Fenton)

Siehe auch  INDONESIA Jakarta beri lampu hijau untuk Gereja Kampung Duri

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com