Rusia dan ASEAN akan melakukan latihan angkatan laut bersama pertama di perairan Indonesia mulai 1-3 Desember

Rusia dan ASEAN akan melakukan latihan angkatan laut bersama pertama di perairan Indonesia mulai 1-3 Desember

Untuk memperkuat kekuatan militer negara dan meningkatkan hubungan strategis dengan sekutu, Rusia dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) akan menjadi tuan rumah latihan angkatan laut bersama pertama, yang dijadwalkan pada 1-3 Desember di perairan teritorial Indonesia. Saat berbicara dengan sputnik, Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov, mengatakan: “Latihan tersebut akan berlangsung di wilayah Sumatera Utara.” Di pihak Rusia, kapal pertahanan anti-kapal selam besar Laksamana Panteleev, yang merupakan bagian dari armada Pasifik Angkatan Laut Rusia, akan menangani mereka.

Keputusan ini diambil pada KTT keempat pada 28 Oktober dalam konferensi video antara Rusia dan ASEAN, yang antara lain dihadiri oleh Presiden Vladimir Putin. Selama pertemuan tersebut, para anggota membuat beberapa keputusan untuk memperkuat hubungan strategis antara Moskow dan blok tersebut. KTT berlangsung pada peringatan 30 tahun hubungan Rusia-Uni, di mana kedua pihak membahas berbagai masalah dan strategi pembangunan, dan menyetujui latihan angkatan laut bersama pertama, yang dijadwalkan pada 1-3 Desember.

“Latihan ini bertujuan untuk melatih kerja sama antara Angkatan Laut Rusia dan angkatan laut negara-negara anggota ASEAN dalam rangka mengamankan kegiatan perdagangan maritim dan lalu lintas maritim dan dibagi menjadi dua fase: virtual dan maritim. Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto berencana meluncurkan latihan di atas kapal besar anti kapal selam Laksamana Panteleyev,” tambah Ivanov. Perlu dicatat bahwa Rusia telah menjadi mitra dialog dengan asosiasi sejak tahun 1996. Auf Pada KTT Rusia-ASEAN 2016 di Sochi, anggota mengadopsi deklarasi dan rencana aksi untuk memperkuat kerja sama antara Moskow dan tingkat kemitraan strategis organisasi.

Hubungan Rusia dengan badan-badan internasional

Ukraina, yang berbatasan dengan Rusia, mengadakan latihan militer udara di tengah meningkatnya ketegangan di sepanjang perbatasannya dengan Rusia. Latihan tersebut mensimulasikan pendaratan pasukan udara dan personel lapis baja yang melakukan serangan terhadap target musuh, kata Kementerian Pertahanan. Seminggu yang lalu Ukraina mengadakan latihan angkatan laut lain di dekat perbatasan dengan Krimea yang dicaplok Rusia.

Siehe auch  Ilmuwan Mengatakan Ada Air di Planet Mars

Sementara itu, hubungan Rusia dan ASEAN dalam hal strategi, ideologi politik, dan aliansi militer cukup kuat. Namun, hubungan Rusia dengan NATO tidak baik karena sejumlah masalah, termasuk krisis Ukraina, non-kerja sama militer, dan konflik tanah. Pada 2014, mereka menghentikan semua kerja sama praktis dengan Federasi Rusia, dan pada Oktober 2021, Rusia menghentikan misinya ke NATO setelah NATO mengusir delapan perwira Rusia dari markas mereka di Brussel.

(Gambar: AP)

(Dengan masukan dari ANI)

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com