Strategi UE untuk kerja sama di Indo-Pasifik

Strategi UE untuk kerja sama di Indo-Pasifik

Indo-Pasifik – dari pantai timur Afrika hingga negara-negara kepulauan Pasifik – adalah wilayah di mana UE memiliki jaringan hubungan dan mitra yang luas. Strategi UE untuk kerjasama di Indo-Pasifik yang disepakati pada bulan April oleh 27 negara anggota UE merupakan pelengkap dari strategi Prancis, Jerman dan Belanda dan bukti komitmen Eropa terhadap kawasan Indo-Pasifik dan khususnya Asia Tenggara.

Mengapa UE membutuhkan strategi untuk kawasan? Ini cukup sederhana: Indo-Pasifik menyumbang 60 persen dari PDB global dan dua pertiga dari pertumbuhan global. Ini adalah tujuan terbesar kedua untuk ekspor UE dan rumah bagi empat dari sepuluh mitra dagang teratas UE. Ini adalah rumah bagi tiga dari empat ekonomi terbesar di luar Uni Eropa (Cina, India, dan Jepang). Kawasan ini juga berada di garis depan ekonomi digital dan pengembangan teknologi dan merupakan pusat rantai nilai global, perdagangan internasional, dan arus investasi.

Strategi ini memperbaharui komitmen politik Uni Eropa ke kawasan dengan tujuan memberikan kontribusi untuk stabilitas, keamanan, kemakmuran dan pembangunan berkelanjutan berdasarkan promosi demokrasi, supremasi hukum, hak asasi manusia dan hukum internasional.

Saya ingin menekankan bahwa strategi kami, seperti yang diungkapkan dalam judul, adalah salah satu kerja sama, bukan konfrontasi. Dasar pemikiran dari strategi ini adalah bahwa UE akan bekerja dengan mitranya di Indo-Pasifik untuk menanggapi dinamika yang mempengaruhi stabilitas regional.

Kerja sama di kawasan Indo-Pasifik sangat penting untuk pelaksanaan agenda global. Selama bertahun-tahun UE secara konsisten telah memberikan kontribusi yang signifikan ke kawasan ini dalam bidang-bidang berikut: kerjasama pembangunan dan bantuan kemanusiaan; Memerangi perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati dan polusi, kemitraan dan perjanjian perdagangan bebas, pengurangan risiko bencana, penghormatan terhadap hukum internasional, termasuk hak asasi manusia dan kebebasan navigasi.

READ  Penuh perhatian! Norovirus dapat menyebabkan infeksi usus, kasusnya banyak ditemukan di Indonesia

Uni Eropa berusaha untuk mempromosikan perdagangan dan investasi, keterbukaan ekonomi dan pendekatan berkelanjutan untuk konektivitas dengan kawasan. Bagaimanapun, stabilitas kawasan itu penting tidak hanya bagi UE, tetapi juga bagi dunia. Namun, kawasan ini ditantang oleh ketegangan yang sedang berlangsung. 60 persen perdagangan laut dilakukan melalui lautan, termasuk sepertiganya melalui Laut Cina Selatan. Bagian-bagiannya harus tetap bebas dan terbuka.

Pada bulan April tahun ini, pada puncak kehadiran kapal besar China yang dilaporkan di terumbu Whitsun (Julian Felipe), juru bicara UE menegaskan kembali “komitmen UE untuk mengamankan rute pasokan laut bebas dan terbuka di Indo-Pasifik dengan persetujuan penuh. “. dengan hukum internasional, khususnya Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS), demi kepentingan semua. tatanan berdasarkan aturan”.

Karena DNA UE adalah perdamaian dan kerja sama, kami menyerukan kepada semua pihak untuk menyelesaikan sengketa melalui cara damai sesuai dengan hukum internasional seperti UNCLOS, termasuk mekanisme penyelesaian sengketanya. UE juga mendukung proses yang dipimpin ASEAN menuju kode etik yang efektif, substantif dan mengikat secara hukum yang tidak boleh merugikan kepentingan pihak ketiga.

Hubungan UE-ASEAN

Hubungan antara UE dan ASEAN merupakan landasan penting dari strategi Indo-Pasifik.

Tahun lalu hubungan UE-ASEAN ditingkatkan menjadi kemitraan strategis. Kunjungan baru-baru ini ke Jakarta oleh Perwakilan Tinggi Uni Eropa dan Wakil Presiden Komisi Eropa Josep Borrell telah membantu untuk menegaskan kembali dan menghidupkan kembali kemitraan ini, dengan Uni Eropa menegaskan kembali kesiapannya untuk bekerja dengan kawasan, khususnya di bidang transisi hijau, Kerjasama pertahanan dan konektivitas berkelanjutan.

UE adalah mitra pembangunan utama ASEAN dan mitra dagang dan investor ketiganya. Ekspor UE ke negara-negara ASEAN naik dari 54 miliar euro pada 2010 menjadi 85 miliar euro pada 2019 dan impor naik dari 72 miliar euro menjadi 125 miliar euro.

READ  30 besten Geldbörse Mit Kette getestet und qualifiziert

Tonggak baru dalam hubungan ini adalah kesimpulan dari negosiasi Perjanjian Penerbangan Komprehensif ASEAN-UE. Ini adalah perjanjian transportasi udara blok-ke-blok pertama di dunia yang akan memperkuat konektivitas dan pembangunan ekonomi antara 37 negara anggota ASEAN dan UE.

Mulai Agustus tahun depan Filipina akan memainkan peran kunci sebagai koordinator ASEAN untuk hubungan dialog dengan UE. Ini adalah langkah penting lainnya dalam UE-ASEAN dan dalam hubungan bilateral. Tuan Borrell berencana untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Locsin dalam waktu dekat.

Sebagai kesimpulan, saya ingin menekankan bahwa, meskipun Uni Eropa jauh dari kawasan, kami bertekad untuk menjadi aktor politik dan keamanan di kawasan, bukan hanya sebagai mitra kerjasama pembangunan, perdagangan atau investasi.

Untuk melakukan ini, kami akan bekerja sama dengan ASEAN dan Filipina.

* * *

Luc Véron adalah duta besar Uni Eropa untuk Filipina.

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com