Tak terkalahkan, Jack Ma Xi Jinping memberi pelajaran

Tak terkalahkan, Jack Ma Xi Jinping memberi pelajaran

Jakarta – –

Setelah kemunculannya beberapa waktu lalu setelah 3 bulan takdir menghilang Jack Ma masih lumayan ramai dibicarakan karena masih belum ada informasi dimana dia berada. Konsensus pengamat adalah bahwa Jack Ma tidak ditangkap oleh pemerintah China, hanya diminta untuk berkomentar sedikit.

Apa alasan pemerintah dan presiden China? Xi Jinping tidak bisa menahannya “Dia sangat berharga bagi ekonomi China dan begitu sukses hingga belum tersentuh, tetapi dia melanggar batas dengan pidatonya di Shanghai,” kata Richard McGregor, seorang pengamat di Lowy Institute.

Pidato itu dimaksudkan untuk mengkritik sistem keuangan Tiongkok yang ketinggalan zaman dan membuat marah pemerintah Tiongkok dan Xi Jinping. Namun, diyakini bahwa Jack Ma tidak ditangkap atau dipukul secara parah oleh para saksi seperti yang ditunjukkan oleh penampilannya. Bisa dibilang dia hanya diberi satu pelajaran.

“Xi Jinping memberikan tekanan pada perusahaan swasta besar, memastikan bahwa mereka bekerja untuk partai, memastikan bahwa mereka tidak terlalu besar. Tidak ada perusahaan swasta yang terlalu besar untuk dihukum,” kata Gregor seperti dikutip. detikINET oleh ABC, Selasa (02/02/2021).

Alibaba sedang diselidiki atas dugaan monopoli oleh pemerintah China, seperti halnya perusahaan Jack Ma lainnya, Ant Financial, yang IPO-nya dibatalkan. Namun, ini tidak berarti bahwa mereka akan dilumpuhkan oleh Xi Jinping.

“Saya pikir Alibaba akan tetap menjadi perusahaan yang hebat dan Jack Ma pasti akan tetap menjadi pebisnis hebat. Tapi sayapnya telah direnggut,” kata Gregor.

Pemerintah China, yang sebelumnya tumbuh hampir secara acak dan cepat, sekarang mencoba mengendalikan raksasa teknologi tersebut, tetapi tindakannya kemungkinan besar tidak akan terlalu keras.

“Fakta bahwa Ant tidak rusak dan Jack Ma mengirimkan pesan bahwa negara tidak akan membunuh platform bisnis internet dan taipan mereka, tetapi akan memastikan mereka memenuhi agenda negara, “kata John Lee, analis senior di Mercator Institute for China Studies (MERICS).

READ  Erick Thohir mengangkat 2 direktur baru Angkasa Pura I.

Menonton video “Jack Ma, yang berselisih dengan China sebelum dilaporkan hilang“”
[Gambas:Video 20detik]
(fyk / asj)

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com