Tanda-tanda penyakit jantung bawah sadar seperti Melisha Idol


Jakarta – –

Tanda-tanda penyakit jantung sering tidak disadari. Seperti kandidat Indonesian Idol 2020 Melisha Sidabutar yang mendadak meninggal dunia karena membesar hati. Sebelum meninggal, Melisha hanya mengeluh lemah. Ia menolak dibawa ke rumah sakit karena takut terjangkit COVID-19. Namun, Melisha benar-benar lemas dan dibawa ke rumah sakit oleh keluarganya. Jantung Melisha membengkak karena sinar-X.

Penyakit jantung tidak selalu dikaitkan dengan tanda-tanda yang jelas. Beberapa gejala jantung bahkan tidak muncul di dada, dan tidak selalu mudah untuk mengetahui apa yang salah.

Gejala penyakit jantung sebenarnya muncul berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum serangan itu terjadi. Namun, karena ini tidak disadari, konsekuensi serangan jantung berakibat fatal.

Tanda-tanda penyakit jantung bawah sadar

1. Ketidaknyamanan dada

Ketidaknyamanan dada adalah tanda gagal jantung yang paling umum. Seperti yang disarankan MD Web, saat Anda mengalami penyumbatan arteri atau serangan jantung, Anda mungkin merasakan nyeri, ketegangan, atau tekanan di dada.

Rasa sakit biasanya berlangsung lebih dari beberapa menit. Ini bisa terjadi saat Anda sedang beristirahat atau melakukan sesuatu yang bersifat fisik.

“Jika itu hanya rasa sakit yang sangat singkat, atau jika lebih menyakitkan untuk disentuh atau diremas, itu mungkin bukan jantung Anda,” kata Dr. Charles Chambers, Direktur Laboratorium Kateterisasi Jantung di Penn State Hershey Heart dan Institut Vaskular.

Namun, Charles mengatakan Anda masih harus memeriksakannya ke dokter. Dan jika gejalanya lebih parah dan tidak hilang setelah beberapa menit, ingatlah bahwa siapa pun dapat memiliki masalah jantung – bahkan serangan jantung – tanpa nyeri dada. Anda harus segera mencari bantuan darurat.

Tanda-tanda penyakit jantung yang tidak diketahui. Foto: thinkstock

2. Mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut

Beberapa orang mengalami gejala ini selama serangan jantung. Anda bahkan bisa muntah. Tentu saja, sakit perut bisa terjadi karena berbagai alasan yang tidak ada hubungannya dengan jantung. Bisa jadi itu hanya sesuatu yang Anda makan. Namun, ketahuilah bahwa ini juga bisa terjadi selama serangan jantung.

3. Nyeri yang menjalar ke lengan

Nyeri menjalar ke lengan, termasuk tMereka adalah tanda penyakit jantung yang tidak disadari. Nyeri ini menjalar ke sisi kiri tubuh. “Ini hampir selalu dimulai dari dada dan bergerak ke luar,” kata Chambers. “Tetapi saya memiliki beberapa pasien yang kebanyakan mengalami nyeri lengan dan ternyata serangan jantung,” tambahnya.

4. Pusing atau pusing

Banyak hal yang dapat membuat Anda merasa tidak seimbang atau lemah sesaat. Anda mungkin belum cukup makan atau minum, atau Anda mungkin berdiri terlalu lama. Namun, jika Anda tiba-tiba merasa tidak stabil dan mengalami ketidaknyamanan di dada atau sesak napas, segera hubungi dokter. Pasalnya, tekanan darah bisa turun karena jantung tidak mampu memompa darah sebagaimana mestinya.

5. Sakit tenggorokan atau rahang

Sakit tenggorokan atau rahang mungkin tidak berhubungan dengan jantung. Ini kemungkinan besar disebabkan oleh masalah otot, flu, atau masalah sinus.

Namun, jika Anda merasakan nyeri atau tekanan di bagian tengah dada menjalar ke leher atau rahang, itu bisa menjadi tanda serangan jantung.

6. Mudah lelah

Jika Anda tiba-tiba merasa lelah atau kehabisan napas setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bermasalah, seperti: B. Menaiki tangga atau mengeluarkan bahan makanan dari mobil, buatlah janji dengan dokter Anda. Mengapa? Menurut Vincent Bufalino, anggota American Heart Association, perubahan signifikan ini lebih penting daripada rasa sakit ringan yang mungkin Anda rasakan.

7. Mendengkur

Mendengkur sedikit adalah hal yang normal saat tidur. Tapi dengkuran yang luar biasa keras yang terdengar seperti mengi atau tersedak bisa menjadi tanda apnea. Apnea terjadi ketika Anda berhenti bernapas sebentar beberapa kali di malam hari saat Anda masih tidur. Ini memberi tekanan tambahan pada jantung. Ini perlu diperiksa oleh dokter untuk melihat apakah Anda memerlukan tes tidur untuk mengetahui apakah Anda mengalami apnea atau tidak. Dalam hal ini, Anda mungkin memerlukan mesin CPAP untuk meningkatkan pernapasan Anda saat Anda tidur.

Bahkan tanda-tanda penyakit jantung yang tidak disadari? Klik di halaman berikutnya.





READ  Video Viral Mans Luar Biasa Indonesia Melarikan Diri Dari Longsor Yang Terperangkap Di Kamera
Written By
More from Zeena Hammoud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *