Temui Perdana Menteri Modi, Diplomat Favorit dan Menteri Luar Negeri, Jaishankar Baca kisah S. Jayashankar

Hari ini Menteri Luar Negeri S Jaishankar merayakan ulang tahunnya yang ke 66. S Jaishankar juga pernah menjadi menteri luar negeri negara sebelum menjadi menteri luar negeri. Dia adalah diplomat favorit Perdana Menteri Modi. Perdana Menteri Modi memberinya tanggung jawab menteri luar negeri dua hari sebelum pensiun dari dinas luar negeri India. S. Jaishankar juga berhasil menyelesaikan sengketa Doklam antara India dan Cina.

Lahir di New Delhi, S Jaishankar belajar di St. Stephens College. Setelah itu, ia mendaftar di Universitas Jawaharlal Nehru yang sangat dihormati untuk melanjutkan studinya. Di mana dia belajar MPhil dan Ph.DS Jaishankar bergabung dengan Dinas Luar Negeri India pada tahun 1977. Selama pekerjaan dinas luar negeri dia menjabat sebagai Duta Besar India untuk Amerika Serikat, Cina dan Republik Ceko.

S Jaishankar adalah anggota kunci dari tim negosiasi India untuk perjanjian nuklir Indo-AS yang bersejarah. Tidak hanya itu, Jaishankar telah berperan penting dalam memperkuat hubungan India dengan negara-negara Asia Barat seperti UEA dan Israel. Jaishankar dianggap sebagai ahli dalam urusan Cina dan Amerika.

Pada Januari 2015, S Jaishankar diangkat sebagai Menteri Luar Negeri India. Dia diangkat menggantikan Menteri Luar Negeri Sujatha Singh. Pemerintah Modi telah dikritik oleh banyak orang karena keputusannya untuk mencopot Sujatha Singh dari jabatannya. Perdana Menteri Modi dikatakan telah bertemu Jaishankar pada kunjungan pertamanya ke Amerika dan selama waktu itu dia berbicara kepada orang-orang keturunan India di Madison Square Garden di New York City. Yang memberinya identitas global.

S Jaishankar diangkat menjadi anggota parlemen Rajya Sabha dari Gujarat setelah diangkat sebagai Menteri Luar Negeri. Namun, setelah pensiun dari Dinas Luar Negeri India, ia juga merupakan pemimpin bisnis global Tata Group. Selain itu, dia juga menjabat sebagai sekretaris pers mantan Presiden Shankar Dayal Sharma. S Jaishankar menerima Padma Shri, penghargaan sipil tertinggi keempat di negara itu pada tahun 2019.

READ  Kode Penukaran Mobile Legends (ML) Terbaru 18 Oktober 2020! (MPL S6 Final)

Berita dalam bahasa Hindi bergabunglah dengan kami untuk Facebook, Indonesia, Linkedin, Telegram Bergabunglah dan unduh Aplikasi Berita Hindi. Jika Anda tertarik



Written By
More from Kaheela Miah

Virus Corona belum tuntas, China kini diserang norovirus

TAIYUAN, KOMPAS.com – Lebih dari 70 mahasiswa di sebuah universitas di Taiyuan,...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *