Volcano Indonesia: warga mengungsi karena panik setelah Gunung Semeru meletus | berita

Volcano Indonesia: warga mengungsi karena panik setelah Gunung Semeru meletus |  berita

Orang-orang dilaporkan terjebak dan beberapa daerah terputus setelah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa meletus dan mengeluarkan asap dan abu.

Setidaknya satu orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka bakar parah setelah gunung berapi Gunung Semeru meletus di provinsi Jawa Timur Indonesia pada hari Sabtu, menghasilkan awan asap dan abu yang sangat besar, kata para pejabat.

Video yang dibagikan pada hari Sabtu oleh Badan Perlindungan Sipil negara (BNPB) menunjukkan penduduk setempat panik ketika asap dan abu yang menjulang menutupi beberapa desa terdekat di kabupaten Lumajang.

Wakil Bupati Lumajang Indah Masdar mengatakan pada konferensi pers bahwa satu orang meninggal dan 41 orang terbakar.

BNPB kemudian mengumumkan bahwa 35 pasien dirawat di fasilitas medis setempat.

Indah meminta helikopter untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak di gedung-gedung.

“Kami sangat membutuhkan,” katanya, menambahkan bahwa setidaknya 10 orang terjebak. “Ini mengerikan, keluarga mereka semua menangis.”

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan sejumlah penambang pasir terjebak di dekat tambang.

Haq mengatakan kepada Reuters bahwa jalan dan jembatan yang menghubungkan Lumajang dan kota terdekat Malang telah terputus.

Orang mengendarai sepeda motor di jalan yang tertutup abu vulkanik setelah letusan gunung berapi Semeru di desa Sumberwuluh pada masa pemerintahan Lumajang [Antara Foto/Hermawan/via Reuters]

“Ini adalah kondisi yang sangat mendesak dan cepat sejak wabah,” katanya. Haq menambahkan bahwa evakuasi sedang berlangsung.

Dia kemudian mengatakan kepada penyiar berita MetroTV bahwa jembatan yang terputus berarti distrik terdekat tidak memiliki akses ke perawatan medis.

“Kolom abu tebal telah mengubah beberapa desa menjadi kegelapan,” kata Haq kepada TV One, seraya menambahkan bahwa beberapa ratus orang telah dibawa ke tempat penampungan atau daerah aman lainnya.

Siehe auch  30 besten Pokemon Karten Sammelalbum getestet und qualifiziert

Pihak berwenang mendirikan tenda evakuasi, tetapi evakuasi terhambat oleh asap tebal, kata kepala BNPB Suharyanto.

Laporan TV menunjukkan orang-orang berlarian dengan panik di bawah awan abu yang sangat besar, wajah mereka basah karena hujan, bercampur dengan debu vulkanik.

AirNav Indonesia, yang mengendalikan wilayah udara Indonesia, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa wabah itu tidak “berdampak signifikan” pada penerbangan.

Semeru setinggi 3.676 meter (12.060 kaki), tertinggi di pulau terpadat di negara itu, adalah salah satu dari hampir 130 gunung berapi aktif di Indonesia. Itu pecah pada bulan Januari dan tidak meninggalkan cedera.

Indonesia, negara kepulauan berpenduduk lebih dari 270 juta orang, rentan terhadap gempa bumi dan aktivitas vulkanik karena terletak di sepanjang Cincin Api Pasifik, rangkaian garis patahan berbentuk tapal kuda. Indonesia memiliki sekitar 128 gunung berapi aktif.

gunung berapi indonesia meletusPenduduk desa beristirahat di tempat penampungan sementara setelah pindah rumah setelah letusan Gunung Semeru. telah dievakuasi [Hendra Permana/AP Photo]

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

polressidrap.com