3 sakit kepala yang ampuh dan mudah dilakukan

3 obat sakit kepala yang manjur dan mudah untuk dilakukan

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Obat sakit kepala dibutuhkan agar sakit yang Anda rasakan tidak bertambah parah. Selain menggunakan obat dari dokter, ada obat lain yang bisa meredakan sakit kepala. Namun, Anda harus mengetahui penyebab sakit kepala terlebih dahulu agar dapat memilih pengobatan yang tepat.

Mengutip dari Insider.com, ada 4 jenis sakit kepala yang biasa dirasakan seseorang. Sakit kepala tegang merupakan salah satu jenis sakit kepala yang sering terjadi. Umumnya sakit kepala ini disebabkan oleh stres dan dirasakan di daerah dahi.

Migrain adalah jenis sakit kepala lain yang sering muncul. Sakit kepala ini ditandai dengan nyeri di satu sisi kepala saja. Migrain bisa disebabkan karena stres atau rangsangan kuat yang ada di sekitar Anda, seperti bau yang menyengat atau cahaya yang terlalu terang.

Sakit kepala cluster dan sakit kepala sinus adalah jenis lain yang mungkin Anda alami. Sakit kepala cluster biasanya terasa di belakang telinga. Sedangkan sakit kepala sinus menandakan adanya masalah yang terjadi pada rongga hidung.

Orang dalam juga menyebutkan beberapa obat sakit kepala yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Misalnya menggunakan kompres, melakukan relaksasi, dan menghindari dehidrasi.

Baca juga: Manfaat minyak esensial lavender, dapat mengobati insomnia

Gunakan kompres dingin atau panas

Anda bisa mendapatkan obat sakit kepala migrain dengan menggunakan kompres dingin. Kompres ini memiliki efek mati rasa yang dapat meredakan nyeri. Selain itu, suhu dingin juga bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga migrain bisa hilang.

Untuk sakit kepala tegang, obat sakit kepala yang tepat adalah dengan menggunakan kompres air panas. Stres adalah penyebab utama sakit kepala ini. Karenanya, mengendurkan otot leher dan bahu bisa meredakan nyeri yang Anda rasakan.

READ  Elon Musk memiliki rencana untuk menanam chip komputer pada manusia untuk menyembuhkan penyakit

Teknik Relaksasi

Pengobatan sakit kepala selanjutnya yang disebutkan oleh Insiders adalah dengan melakukan teknik relaksasi. Anda bisa melakukan meditasi, yoga, atau latihan pernapasan untuk membantu meredakan sakit kepala.

Baca juga: Cara mengatasi sakit maag dengan tiga ramuan alami

Yoga atau meditasi merupakan aktivitas yang biasanya cukup efektif sebagai obat sakit kepala tegang dan migrain. Anda dapat mempelajari teknik relaksasi online atau mencari guru yang lebih tepercaya.

Hindari Dehidrasi

Obat sakit kepala yang bisa Anda lakukan adalah jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Anda harus minum banyak air. Saat sakit kepala mulai muncul, minumlah 8-16 ons air setiap 2 sampai 3 jam.

Hindari juga jenis minuman lain yang dapat membuat tubuh dehidrasi, seperti alkohol atau kopi. Orang dalam mengatakan bahwa kopi bisa menjadi obat sakit kepala. Namun, terlalu banyak kopi juga menyebabkan dehidrasi sehingga Anda bisa mengalami sakit kepala.

Editor: Belladina Biananda

Written By
More from Ubayd Saleh

Sektor kamera Oppo Reno4 Pro mendapat pembaruan terkini

Suara.com – Oppo Reno4 Pro baru saja mendapat pembaruan baru yang memberikan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *