Dari mana Cairan di Mars Berasal? Peneliti Temukan Petunjuk Baru

Ilustrasi planet Mars dengan Bulan dan Bumi sebagai latar belakang.

Pitris / Getty Images / iStockphoto

Ilustrasi planet Mars dengan Bulan dan Bumi sebagai latar belakang.

Nationalgeographic.co.id – Menurut sebuah penelitian terbaru, Mars dulu ditutupi oleh lapisan es seperti di Kutub Utara, tidak dikelilingi oleh sungai.

Saat lembah itu melintasi permukaan Mars Ditemukan, itu memberi gagasan bahwa sungai pernah mengalir di permukaan Mars. Namun, studi tersebut menyatakan, cairan yang ada di planet ini ternyata berasal dari es yang terbentuk mirip dengan Arktik.

Selain itu, menurut para peneliti, ini sebenarnya bermanfaat bagi alien yang mungkin hidup Mars kuno. Karena lapisan es akan memberikan perlindungan, memungkinkan air di bawahnya tetap stabil dan berfungsi sebagai penghalang radiasi matahari.

Baca juga: Okupasi Mars ke Hujan Meteor, Ini adalah Fenomena Agustus 2020

Para ilmuwan sedang meneliti ribuan lembah Mars sehingga mereka mendapatkan informasi terperinci tentang konstruksi planet. Mereka kemudian membandingkannya dengan saluran yang ditemukan di permukaan Mars – membantu memahami kondisi apa yang memicu kemunculan mereka.

Hasilnya menunjukkan bahwa jaringan lembah tampaknya muncul sebagai akibat dari erosi air yang luas yang mengalir di bawah lapisan es purba.

“Selama 40 tahun terakhir, sejak lembah Mars ditemukan, asumsi yang muncul adalah bahwa sungai telah mengalir di sana dan mengikis keberadaan lembah,” kata Grau Galofre, pemimpin studi yang diterbitkan di Geosains Alam ini.

“Tetapi ada ratusan lembah di Mars dan mereka terlihat berbeda satu sama lain. Jika Anda melihat Bumi dari satelit, Anda akan melihat banyak lembah: beberapa di antaranya dibuat oleh sungai, gletser, dan proses lainnya. Setiap jenis memiliki bentuk khas. Begitu juga dengan Mars, lembah-lembah terlihat berbeda, menunjukkan bahwa banyak proses yang terlibat untuk membentuknya, “Galofre menjelaskan.

READ  Popularitas Huawei dan ponsel Apple meningkat di Cina

Baca juga: Teleskop Hubble Berhasil Mengabadikan Gambar Saturnus dengan Detail Lebih Lanjut

Penelitian ini juga menjawab misteri bagaimana lembah dapat terbentuk di planet yang sangat jauh dari Matahari.

“Pemodelan memprediksi iklim itu Mars zaman kuno jauh lebih dingin selama pembentukan jaringan lembah, “kata Galofre.

“Kami sedang berusaha menyatukan semuanya sampai akhirnya kami datang dengan hipotesis yang belum dipertimbangkan: bahwa jaringan lembah dapat terbentuk di bawah lapisan es, sebagai bagian dari sistem drainase yang terbentuk secara alami ketika ada air yang dikumpulkan di bawah, “simpulnya.


Video Unggulan


ISI YANG DI promosikan

Written By
More from Ubayd Saleh

Persamaan dan perbedaan antara Oppo Reno4 dan Oppo Reno4 Pro yang baru-baru ini diperkenalkan

TRIBUNJABAR / ID, JAKARTA – Oppo Indonesia dimulai Oppo Reno4 Pro setelah...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *