Lihat bulan panen dan bulan biru di langit Oktober

Suara.com – Tahun 2020 akan ada 13 Bulan purnama, bukannya hanya 12 bulan purnama, dua di antaranya akan terjadi pada bulan Oktober. Bulan purnama pertama di bulan Oktober jatuh pada tanggal 2 Oktober dan bulan purnama kedua pada tanggal 31 Oktober.

Bulan purnama tanggal 2 Oktober terbit pukul 04.05 WIB dan disebut Bulan panen. Nama ini diberikan untuk bulan purnama, yang paling dekat dengan ekuinoks musim gugur.

Meskipun bulan purnama ini biasanya terjadi pada bulan September, namun bulan purnama pada tanggal 2 September masih terlalu dini untuk disebut bulan panen. Di tahun 2019, Harvest Moon sendiri berlangsung pada tanggal 13 September.

Menurut Farmer’s Almanac, Harvest Moon memberikan penerangan bagi para petani yang memanen tanaman mereka hingga larut malam. Sedangkan menurut NASA, bulan akan tampak seperti bulan purnama selama kurang lebih tiga hari.

Bulan purnama. [Shutterstock]

Oktober juga berakhir dengan apa yang disebut bulan purnama Bulan Biru itu jarang. Meskipun bulan sebenarnya tidak tampak biru, bulan purnama kedua dalam satu bulan biasanya disebut sebagai bulan biru. Ini terjadi setiap 2,5 hingga 3 tahun sekali.

Sebelumnya, Blue Moon dikenal sebagai bulan purnama ketiga atau keempat dalam satu musim. Umumnya, bulan setelah Harvest Moon disebut sebagai Bulan Pemburu ketika pemburu menggunakan cahaya bulan untuk berburu mangsa dan bersiap menghadapi musim dingin.

Meski bulan biru jarang muncul, bulan purnama bahkan lebih jarang terjadi pada Halloween di zona waktu berbeda, peristiwa terakhir terjadi pada tahun 1944.

Namun, bulan purnama terjadi pada Halloween setiap 19 tahun di beberapa zona waktu. Oleh karena itu, diperkirakan bulan purnama akan muncul kembali pada tahun 2039, 2058, 2077, dan 2096.

READ  Update Harga HP Samsung M Series 2020 Terbaru

Melaporkan dari CNNPada hari Jumat (10 Februari 2020) bulan purnama akan terbit pada tanggal 31 Oktober pukul 21.49 WIB. Ini juga merupakan hari terakhir waktu musim panas.

Written By
More from Ubayd Saleh

Samsung Galaxy M12 hadir dengan baterai jumbo: Okezone Techno

SEOUL – – Samsung merupakan salah satu produsen ponsel asal Korea Selatan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *