Pemerintah menginginkan pembebasan pajak untuk mobil baru, apakah Anda setuju?

Jakarta – –

Untuk mengisi daya menjual mobil di dalam negeri, pemerintah mengusulkan melalui Kementerian Perindustrian Pembebasan pajak hingga 0% untuk mobil baru. Apakah Anda setuju dengan wacana ini?

“Kami sudah mengusulkan ke Menteri Keuangan untuk menurunkan pajak mobil baru hingga nol persen pada Desember 2020,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang pekan lalu.

Rencana keringanan pajak tersebut sesuai dengan keinginan Gabungan Umum Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, industri otomotif mendorong pemerintah memberikan keringanan pajak 0 persen untuk mobil baru agar harganya tetap kompetitif atau mendekati harga pasaran yang belum kena pajak. menjadi.

Sekadar informasi, pajak kendaraan (dalam hal ini mobil) terdiri dari beberapa komponen. Berdasarkan pengalihan nama (BBN), pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) dan PKB (pajak kendaraan).

“Harapannya pada kuartal keempat (mulai berlaku). Seharusnya September, tapi sekarang pertengahan bulan, nanti kalau keluar akhir September, harapannya paling lambat Oktober, November. , Desember akan menjadi (pajak jalan 0%). “Kata Nangoi.

Upaya tersebut diharapkan dapat menggairahkan pasar sekaligus mendorong pertumbuhan sektor otomotif di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

“Kami ingin orang ini menambah nafsu membeli mobil, lalu mobilnya bisa dijual, rotasi bisa berjalan sehingga sektor ekonomi lainnya otomatis bergerak, baik itu keuangan, asuransi, suku cadang, servis, komponen, penjualan BBM, termasuk jalan tol. “Nangoi menjelaskan.

Pembebasan pajak untuk mobil baru dapat menyebabkan harga turun hingga puluhan juta rupiah. Ini sangat menggiurkan dan bisa mendorong orang untuk membeli mobil baru. Namun, gagasan ini juga bukannya tanpa kritik, karena pembebasan pajak untuk mobil baru dapat secara signifikan meningkatkan jumlah kendaraan di jalan raya dan pada akhirnya memperburuk kemacetan dan polusi.

READ  Selamat Jalan Kemacetan, Mobil Terbang dari Jepang Dijual di Pasar Indonesia, Seperti Itu! - Semua halaman

Apakah Anda setuju dengan pembahasan tentang pembebasan pajak kendaraan baru ini? Tuliskan pemikiran dan pendapat kalian di kolom komentar di bawah.

Menonton video “Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz“”
[Gambas:Video 20detik]
(din / lth)




Written By
More from Said Rafiq

Pergi ke sini untuk meriding, 7 ikan laut dalam yang menakutkan

Ikan laut dalam itu menakutkan. ((Instagram / rfedortsov_official_account) Hitekno.com – Laut dalam...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *