Perbedaan spesifikasi dan fitur Samsung Galaxy Tab S7 dan S7 Plus

Perbedaan spesifikasi dan fitur Samsung Galaxy Tab S7 dan S7 Plus

KOMPAS.com – Sehubungan dengan peluncuran seri Galaxy Note 20 minggu lalu, Samsung secara resmi merilis dua perangkat tablet terbaru, yaitu Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus.

Meski sama-sama tergabung dalam keluarga seri Galaxy Tab S7, ada sejumlah perbedaan spesifikasi yang diusung kedua tablet tersebut. Berikut daftarnya.

Baca juga: Spesifikasi lengkap dan harga Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra versi Indonesia

Layar

Perbedaan paling mencolok antara Samsung Galaxy Tab S7 biasa dan Galaxy Tab S7 Plus adalah ukuran layarnya.

Galaxy Tab S7 Plus memiliki layar dengan diagonal yang lebih besar, yakni 12,4 inci dengan panel Super AMOLED. Sedangkan Galaxy Tab S7 biasa memiliki ukuran layar 11 inci dan memiliki panel berjenis IPS LCD.

Selain jenis dan ukuran layar yang berbeda, resolusi layar kedua perangkat Galaxy Tab S7 series ini juga berbeda. Galaxy Tab S7 biasa memiliki resolusi 2.560 x 1.600 piksel.

Baca juga: Layar 120 Hz di Galaxy Tab S7 Duo bisa berjalan pada resolusi maksimal

Sedangkan Galaxy Tab S7 Plus mengusung layar dengan resolusi 2.800 x 1.752 piksel. Meski begitu, keduanya sama-sama punya kecepatan refresh 120Hz.

Rancangan

Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus sama-sama mengusung desain layar dengan bezel yang cukup tipis baik di atas, bawah, kanan, dan kiri.

Keduanya juga menempatkan modul kamera depan di dua sisi, yakni di bagian atas dan kanan layar.

Galaxy Tab S7 memiliki dimensi fisik 165,3 x 253,8 x 6,3 mm. Sedangkan Galaxy Tab S7 Plus memiliki dimensi yang lebih besar, yakni 185 x 285 x 5,7 mm.

Dengan dimensi fisik lebih besar, Galaxy Tab S7 Plus otomatis memiliki bobot 575 gram, dibandingkan Galaxy Tab S7 yang memiliki bobot 502 gram.

READ  Galaxy Note 20 ponsel 5G termurah dari Samsung?

Perbedaan lainnya terletak pada sistem biometrik, dimana Galaxy Tab S7 menggunakan modul sidik jari yang dibenamkan di sisi perangkat, sedangkan fingerprint OEM pada Galaxy Tab S7 Plus dibenamkan di bawah permukaan layar.

Performa dan Kapasitas Baterai

Andalkan Galaxy Tab S7 Series chip Snapdragon 865 Plus dengan kecepatan 3,1 GHz dan mendukung konektivitas 5G.

Tablet Samsung terbaru ini menawarkan dua pilihan RAM dan kapasitas penyimpanan yaitu 6 GB / 8 GB dan 128 GB / 256 GB yang dapat diperluas hingga 1 TB melalui slot mikro SD.

Baca juga: Pertimbangan Samsung Menyematkan Pengisian Cepat 25W di Galaxy Note 20 Ultra

Meski keduanya mendukung pengisian cepat hingga 45 watt, namun kapasitas baterai Galaxy Tab S7 Plus 10.090 mAh, sedangkan Galaxy Tab S7 berkapasitas 8.000 mAh.

Dikumpulkan KompasTekno dari Samsung.comRabu (12/8/2020), Galaxy Tab S7 Series sudah menjalankan sistem operasi Android 10 dan dilapisi dengan antarmuka khas Samsung, One UI 2.0.

Fitur S-Pen

Persis seperti model smartphone Seri Galaxy Note, kedua tablet Ini kompak dilengkapi dengan aksesori pena (stylus) S Pen khas Samsung.

Aksesori berbentuk pensil ini bisa digunakan untuk berbagai fungsi, seperti mencatat di aplikasi Noteshelf, menggambar di aplikasi Canva, mengedit video di aplikasi Clip Studio, dan lain sebagainya.

Baca juga: Samsung Mengumumkan Layar Mobile VRR, Debut di Galaxy Note 20 Ultra

S Pen dilengkapi magnet dan dapat dipasang di bagian belakang tablet saat tidak digunakan.

Ada juga fungsi Samsung DeX yang bisa berubah tablet Ini menjadi seperti PC desktop, saat dihubungkan ke monitor eksternal, serta aksesoris untuk mendukung produktivitas seperti keyboard penutup.

Kamera

Secara keseluruhan, Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus memiliki tiga kamera yang terdiri dari dua kamera belakang yaitu kamera sudut lebar 13 MP (f / 2.0) dan kamera sangat lebar 5 MP (f / 2.2) dan satu kamera depan dengan sensor 8 MP.

READ  Luncurkan Fitur 'Reel' Baru yang Dituduh Menyalin TikTok, Instagram Membawa Satir: Seperti yang Anda Ketahui

Baca juga: Pertimbangan Samsung Menyematkan Pengisian Cepat 25W di Galaxy Note 20 Ultra

Kamera tersebut juga dibekali sejumlah fitur antara lain Single Take, Night Mode, Night Hyperlapse, Front and Back Conversion Recording, dan perekaman video 4K (30 fps).

Fitur lainnya

Fitur lain yang dibagikan oleh Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus termasuk NFC, Bluetooth 5.0, USB tipe-C, Wi-Fi 6 (802.11 a / b / g / n / ac / ax), dan pengenalan wajah.

Kedua tablet Selain itu juga telah dilengkapi dengan tiga aplikasi built-in untuk mendukung produktivitas pengguna yang meliputi Noteshelf, Canva, dan Clip Studio.

Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus hadir dalam tiga varian warna yaitu Mystic Black, Mystic Bronze, dan Mystic Silver.

Written By
More from Ubayd Saleh

Tujuh Pemain Barcelona Masuk Daftar Jual Ronald Koeman

Suarez dikabarkan telah ditawari untuk mengakhiri kontraknya setahun sebelumnya untuk menarik klub...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *