Selalu sombong membantu Timor Leste merdeka dari Indonesia, Australia Lupa tanpa perjuangan rakyat Timor Leste akan diinjak-injak Jepang

Sosok.ID – Hubungan antara Australia dan Timor Lesta dari atas ke bawah.

Namun, ada cerita besar antara kedua negara.

Dilaporkan oleh awm.gov.au Sabtu (12/9/2020), tiga bulan setelah serangan terhadap Pearl Harbor, posisinya Jepang menurun di Asia Tenggara.

Saat itu, kekuatan kolonial hanya ada dua, Belanda di barat dan Portugis di timur.

Baca juga: Kejam tidak bermain, IDF kembali menghancurkan puluhan rumah warga Palestina di Tepi Barat, menyerbu kawasan tersebut saat warga masih tertidur lelap.

Kemudian sejak Februari 1941, Australia setuju dengan pejabat Belanda dan Inggris bahwa pasukan Sekutu, di bawah komando Australia, akan memperkuat Timor jika Jepang pergi berperang.

Jadi, “Force Sparrow”, sebutan untuk kehadiran Sekutu di Timor, mendarat di pulau itu lima hari setelah penyerangan. Jepang di Pearl Harbor.

Ini adalah bagian dari strategi pertahanan lapangan udara depan dan juga melibatkan penyebaran “Lark Force” ke Rabaul dan “Gull Force” ke Ambon.

Meskipun mereka setuju untuk mengerahkan pasukan ke Timor bersama dengan pasukan, komandan Sekutu tidak mempertimbangkan serangan Jepang skala penuh di pulau itu.

Mereka juga tidak mendapat persetujuan Portugis untuk menduduki bagian timur pulau itu.

Kemudian pemerintah kolonial mengambil “pandangan yang sangat optimis” bahwa pasukan Jepang akan menghormati netralitas Portugis.

Halaman selanjutnya…


READ  Presiden Jokowi memastikan mulai Januari 2021 Indonesia akan melakukan vaksinasi massal terhadap Covid-19
Written By
More from Kaheela Miah

Perbatasan panas, pasukan India dan Cina baku tembak

GAMBAR. Tentara India dalam formasi setelah turun dari pesawat angkut militer di...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *