Bagaimana bendungan pembangkit listrik tenaga air berdampak pada komunitas tempat mereka dibangun

Bagaimana bendungan pembangkit listrik tenaga air berdampak pada komunitas tempat mereka dibangun

Ketinggian air danau berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir karena dampak gabungan dari perubahan iklim, transisi lahan, dan pembangunan bendungan di wilayah tersebut, yang memengaruhi pertanian, perikanan, dan ekosistem yang diandalkan masyarakat setempat untuk mata pencaharian mereka. Kredit: Peilei Fan

Selama dua dekade terakhir, hampir 1.000 bendungan pembangkit listrik tenaga air telah dibangun di seluruh dunia. Dan sementara bendungan ini memberikan banyak manfaat bagi petani, satwa liar, dan iklim, biaya pembangunannya pada masyarakat lokal di mana bendungan itu dibangun sebagian besar tidak dibahas—yaitu, sampai sekarang.

Dipimpin oleh dr. Peilei Fan, sebuah tim yang terdiri dari enam ilmuwan sosial Universitas Negeri Michigan—termasuk mahasiswa doktoral Myung Sik Cho, Drs. Zihan Lin, Jiaguo Qi, Jiquan Chen dan Emilio Moran—dan peneliti Universitas Stanford Dr. Zutao Ouyang menemukan bahwa terlepas dari dampak positif keseluruhan bendungan pembangkit listrik tenaga air di dunia dan negara-negara secara keseluruhan, masyarakat di daerah sekitar bendungan sering mengalami kondisi ekonomi yang lebih buruk, relokasi penduduk dan/atau hilangnya ruang hijau karena pembangunannya.

Untuk penelitian ini, tim menganalisis 631 bendungan pembangkit listrik tenaga air, semuanya dibangun sejak 2001 dan ditugaskan sebelum 2015, di lima wilayah: Afrika, Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Studi yang dipublikasikan di Prosiding National Academy of Sciences (PNAS), menyoroti kebutuhan untuk mengatasi kesenjangan ini untuk mengurangi kerugian bagi masyarakat lokal di daerah sekitarnya.

dr Fan terinspirasi untuk memimpin penelitian ini setelah mengunjungi dua daerah terpisah di mana bendungan baru-baru ini dibangun, dan melihat perubahan mendadak yang terjadi pada masyarakat sekitar. Salah satunya adalah kunjungan tahun 2015 ke Danau Tonle Sap di Kamboja, dan yang lainnya adalah kunjungan tahun 2018 ke Lembah Sungai Mekong di Laos.

“Para penduduk yang direlokasi beberapa tahun lalu, tampaknya memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya, tetapi mereka masih cemas dan tidak pasti tentang masa depan mereka,” kenang Fan. “Berbicara dengan orang-orang yang hidupnya telah berubah karena pembangunan bendungan membuat saya menyadari bahwa sebagian besar evaluasi yang ada sebagian besar adalah studi kasus tentang bendungan besar, dan tidak ada analisis komprehensif dalam skala global, termasuk bendungan kecil dan menengah. ”

Bendungan pembangkit listrik tenaga air memiliki banyak manfaat potensial, seperti membantu mengurangi dampak banjir dan kekeringan, menyediakan air untuk lahan pertanian, memungkinkan transportasi yang lebih mudah, dan menyediakan produksi energi. Namun, manfaat tersebut disertai dengan konsekuensi negatif seperti tergesernya populasi lokal dan kerusakan ekosistem di sekitarnya.

Misalnya, studi menunjukkan bahwa pembangunan bendungan pembangkit listrik tenaga air dikaitkan dengan kurang berkembangnya ekonomi atau penurunan populasi di daerah terdekat (dalam jarak 50 kilometer dari bendungan) di Global South (termasuk Afrika, Asia dan Amerika Selatan). Selain itu, pembangunan tersebut seringkali merusak ruang terbuka hijau lokal dalam radius 50 kilometer dari bendungan, baik akibat deforestasi demi pembangunan bendungan maupun untuk pembuatan lahan pertanian yang dapat terganggu oleh bendungan setelah dibangun.

Bagi Fan, temuan ini menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut dan rekomendasi kebijakan untuk melindungi masyarakat lokal dari bahaya—terutama relokasi.

„Secara umum, pendekatan manusiawi untuk membantu populasi yang direlokasi diperlukan,“ kata Dr. Fan menjelaskan. “Ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat lokal untuk menegosiasikan keuntungan mereka dengan pembangun bendungan; membantu penduduk yang direlokasi berintegrasi dan berasimilasi ke dalam komunitas tujuan baru mereka sambil mempertahankan jaringan sosial dan sistem pendukung mereka sebelumnya; atau menciptakan peluang kerja baru untuk mengkompensasi hilangnya tanah dan sumber mata pencaharian mereka.”

Di masa depan, drg. Fan berharap untuk memperluas penelitian ini dengan mengeksplorasi kekuatan politik dan ekonomi yang mendorong pembangunan bendungan pembangkit listrik tenaga air, serta solusi energi alternatif yang dapat menghasilkan manfaat serupa tanpa konsekuensi negatif yang terkait dengan bendungan ini.

„Ada juga kebutuhan untuk memahami ekologi politik pembangunan bendungan, pengaruh investor global, dan dampak gabungan dari pembangunan bendungan, perubahan iklim, dan transisi lahan,“ kata Dr. Fan „Saya juga ingin tahu apakah ada cara alternatif atau lebih baik untuk produksi energi, daripada pembangkit listrik tenaga air, untuk berbagai wilayah di Global South.“


Memikirkan kembali rencana energi Asia Tenggara


Informasi:

Peilei Fan et al, Bendungan pembangkit listrik tenaga air yang baru dibangun dikaitkan dengan penurunan produksi ekonomi, populasi, dan penghijauan di daerah terdekat, Prosiding National Academy of Sciences (2022). DOI: 10.1073/pnas.2108038119

Disediakan oleh
Universitas Negeri Michigan


kutipan:
Bagaimana bendungan pembangkit listrik tenaga air berdampak pada masyarakat tempat mereka dibangun (2022, 15 Maret)
diambil 15 Maret 2022
dari https://phys.org/news/2022-03-hydropower-impact-theyre-built.html

Dokumen ini tunduk pada hak cipta. Terlepas dari transaksi yang adil untuk tujuan studi atau penelitian pribadi, tidak
bagian dapat direproduksi tanpa izin tertulis. Konten disediakan untuk tujuan informasi saja.

Siehe auch  30 besten Bullet Journal Buch getestet und qualifiziert

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com