Dapat Memicu Infertilitas, Mari Mendeteksi Gonore Sejak Dini

Dapat Memicu Infertilitas, Mari Mendeteksi Gonore Sejak Dini

MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa orang mungkin merasa malu untuk mengakui bahwa mereka memiliki penyakit kelamin. Beberapa orang berpikir ini adalah aib atau sebagainya.

Ini masuk akal. Tapi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mendeteksi gejala awal penyakit kelamin, salah satunya adalah Gonore.

Gonore atau GO adalah penyakit yang menyerang saluran kemih dan biasanya ditandai dengan keluarnya putih atau nanah. Orang awam biasa menyebutnya ‘dingin di alat kelamin’.

dr. Anthony Handoko, SpKK, sebagai CEO Klinik Pramudia, mengungkapkan bahwa GOs yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat, dapat menyebar dan menyebabkan komplikasi.

“Pilek pada alat kelamin atau GO yang dibiarkan berkembang akan mengakibatkan komplikasi dari ringan hingga parah,” katanya dalam Virtual Briefing Media, Rabu, 5 Agustus 2020.

Merupakan salah satu infeksi menular seksual (IMS), gonore bisa berbahaya dan menjadi komplikasi jika tidak di atas dengan benar. Bahkan dapat menyebabkan infertilitas.

Infertilitas atau ketidaksuburan bisa menjadi bayangan dari komplikasi terburuk jika pasien tidak segera mengatasinya. Kehadiran bakteri Neisseria Gonorrhoeae jadi faktor kuat yang mempengaruhi penyumbatan sel telur yang dilepaskan oleh indung telur, sehingga menyebabkan infertilitas.

Meskipun demikian, Gonore dapat disembuhkan sepenuhnya. Selama itu ditangani dengan cepat dan tepat.

“Gonore dapat diobati sepenuhnya, asalkan itu cepat diobati. Jadi, jangan malu berkonsultasi dengan dokter spesialis seks,” kata Dr. Annony.

READ  Diabetes Menjadi Co-Pasien Utama untuk Pasien Positif Covid-19 di Jakarta
Written By
More from Ubayd Saleh

Kalahkan Samsung, Huawei sekarang menjadi Vendor Seluler Nomor 1 Dunia

KOMPAS.com – Huawei membuktikan bahwa larangan yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *