Dolar AS melemah, rupiah menguat minggu ini

ILUSTRASI. Rupiah hari ini ditutup menguat di level Rp 14.735 per dolar AS

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Rupiah berpotensi melanjutkan tren perdagangan positif minggu ini minggu depan. Seperti diketahui, rupiah pada hari ini ditutup menguat 0,66% ke level Rp 14.735 per dolar AS (AS).

Hal tersebut juga menyebabkan rupiah menguat 1,04% selama sepekan terakhir.

Uang kuartal ketiga, kinerja rupiah yang baik, juga muncul di suku bunga tengah Bank Indonesia (BI). Mata uang Garuda menguat 0,74% menjadi Rp 14.768 per dolar AS. Dalam satu minggu rupiah mengalami kenaikan 1,41%.

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan rupiah pekan ini, baik eksternal maupun internal.

Baca juga: Dolar AS tertekan, nilai tukar rupiah pekan ini bagus

Ini datang dari luar setelah beberapa bank sentral di seluruh dunia mengadakan pertemuan dan membeberkan kebijakan moneternya. Seperti Federal Reserve, Bank of Japan, dan Bank of England yang mengatur nada enggan.

“Sikap The Fed untuk mempertahankan suku bunga rendah hingga 2023 telah memukul sentimen dolar dan menguntungkan rupiah. Dolar AS juga tertekan karena prestise Tempat berlindung yang aman Di tengah perkembangan positif vaksin virus corona yang diharapkan bisa diproduksi akhir tahun ini semakin meredup, “kata Alwi kepada Kontan.co.id, Jumat (18/9).

Secara internal, ada sentimen dari keputusan Bank Indonesia (BI) untuk mempertahankan suku bunga 4% dan data neraca perdagangan menunjukkan surplus $ 2,33 miliar. Kedua perasaan ini menjadi amunisi tersendiri untuk memperkuat rupiah.

“Prospeknya akan terus mendapat keuntungan dari rupiah kasar Dolar AS dan pengembangan vaksin. Sementara itu kami melihat konfirmasi dari sisi teknis kasar untuk USD / IDR setelah harga menembus support Rp14.790 per dolar AS, “tambah Alwi.

READ  Matahari telah menutup 7 gerai karena Corona. Ini tempatnya

Dia juga memperkirakan rupiah akan diperdagangkan pada kisaran 14.600 hingga 14.800 rupee terhadap dolar AS selama sepekan ke depan.

DONASI, dapatkan voucher gratis!

Dukungan Anda meningkatkan antusiasme kami untuk menyajikan artikel berkualitas tinggi dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terima kasih atas perhatian Anda, terdapat voucher gratis senilai donasi yang dapat Anda beli TOKO SELAMAT.


Written By
More from Said Rafiq

Melihat bayangan lubang hitam yang bergoyang untuk pertama kalinya

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk pertama kalinya, astronom melihat bayangan lubang hitam yang...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *