Duh! Israel ingin menghancurkan masjid Al-Qaqaa di Yerusalem

Jakarta, CNBC IndonesiaIsrael dilaporkan memerintahkan sebuah masjid di Kota Silwan, Yerusalem timur, untuk dibongkar. Hal itu dilakukan karena belum ada izin mendirikan bangunan.

Menurut media Turki Anadolu, pihak berwenang Israel telah memberikan hingga 21 hari bagi kurator di Masjid Al-Qaqaa Nin Amr untuk melakukan penghancuran. Padahal masjid ini didirikan pada 2012 dan menampung ratusan jamaah.

Perintah pembongkaran serupa dikeluarkan pada 2015. Tapi tidak pernah.

Media juga menulis bahwa pembongkaran yang sebenarnya terkait dengan aneksasi daerah tersebut dan pembangunan permukiman Yahudi di Silwan. Lokasinya dekat dengan kompleks Masjid Al-Aqsa.

Sementara itu, Al-Jazeera menulis bahwa Kementerian Wakaf dan Urusan Agama di Gaza mengeluarkan pernyataan yang mengutuk perintah tersebut. Bahkan meminta Israel untuk tidak melakukannya.


Dia juga meminta komunitas internasional, Liga Arab dan Organisasi Konferensi Islam untuk melindungi situs dan tempat ibadah Muslim di Yerusalem.

Belum ada konfirmasi dari Israel tentang hal ini. Organisasi permukiman Israel Elad mengatakan mereka mencoba menjadikan Silwan sebagai “Kota Daud”.

Menurut kelompok advokasi Israel Ir Amim, pihak berwenang menghancurkan rumah di wilayah Palestina di Yerusalem Timur pada tingkat yang jauh lebih tinggi pada 2019 dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam sebuah laporan, kelompok tersebut mengatakan 104 unit rumah dibongkar pada 2019, naik dari 72 unit pada 2018. Ada lonjakan 44%.

Israel mengklaim bahwa rumah yang dihancurkan itu dibangun secara ilegal dan pembongkaran itu disetujui oleh pengadilan. Namun Palestina mengatakan mereka menghadapi krisis perumahan yang serius yang dipicu oleh keengganan Israel untuk mengeluarkan izin bangunan.

[Gambas:Video CNBC]

(Kepala / kepala)


Written By
More from Kaheela Miah

China diminta menyeret RI ke dalam sengketa maritim China Selatan

Jakarta, CNBC Indonesia – Cina dikatakan mampu menjebak Indonesia untuk mewujudkan visinya...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *