Ilmuwan menemukan 24 planet yang bisa dihuni manusia

24 planet kemungkinan besar memiliki kondisi yang cocok untuk kehidupan

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Astrobiology mengidentifikasi 24 planet yang berpotensi dihuni. 24 planet kemungkinan besar memiliki kondisi yang cocok untuk kehidupan.

Para peneliti menemukan bahwa planet-planet itu sedikit lebih tua dari Bumi, sedikit lebih besar dan lebih lembab dan lebih hangat. Planet-planet tersebut juga dipercaya mengorbit bintang dengan umur lebih panjang dari matahari.

“Dengan teleskop luar angkasa berikutnya kami akan memiliki lebih banyak informasi, jadi penting untuk memilih beberapa target,” kata Dirk Schulze-Makuch, seorang ilmuwan di Washington State University. Fox News, Rabu (7/10).

Menurutnya, pihaknya harus berhati-hati agar tidak terjebak mencari second earth. Karena dia tidak memungkiri kemungkinan adanya planet yang lebih cocok untuk makhluk hidup daripada bumi.

Berikut ini beberapa fiturnya planet layak huni Menurut para ilmuwan, antara lain bintang dan planet memiliki air. Planet juga harus memiliki suhu permukaan sekitar 5 derajat Celcius lebih tinggi dari suhu Bumi.

24 planet tersebut berada di luar tata surya Bima Sakti pada jarak lebih dari 100 tahun cahaya dari Bumi. Namun, itu dapat diidentifikasi dengan teleskop masa depan. Teleskop yang dimaksud mirip dengan Teleskop Luar Angkasa James Web milik NASA.

Tidak satu pun dari 24 planet yang dapat memenuhi semua kriteria. Namun, salah satunya memenuhi empat sifat dan menunjukkan bahwa planet ini cocok untuk kehidupan manusia.

“Terkadang sulit untuk menyampaikan prinsip planet layak huni karena kami tidak yakin kami memiliki planet terbaik,” tambah Schulze-Makuch.

READ  Korban Banjir Meningkat Jadi 138 Di Indonesia, korban tewas di Indonesia naik menjadi 138
Written By
More from Said Rafiq

Amazon Open Jobs untuk 33.000 posisi, lihat halaman informasi semua

KOMPAS.com – Perusahaan e-commerce Amazon mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan bursa kerja...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *