Jika Bukan Merah, Apa Warna Matahari? Semua halaman

Jika Bukan Merah, Apa Warna Matahari? Semua halaman

KOMPAS.Com – Ada orang yang mengatakan itu Matahari itu kuning, atau oranye atau bahkan merah. Namun, ternyata hal tersebut merupakan kesalahpahaman yang umum terjadi.

Pada dasarnya matahari semua warna yang bercampur, yang menarik perhatian kita warna matahari sebagai warna putih. Ini mudah dilihat dalam gambar yang diambil dari luar angkasa.

Jadi sebenarnya apa warna matahari kita?

Pelangi itu berasal cahaya matahari terpisah menurut warnanya. Warna pada pelangi yang terdiri dari warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu yang memiliki panjang gelombang berbeda.

Merah adalah warna dengan gelombang terpanjang, sedangkan biru adalah yang terpendek.

Baca juga: Snowball Earth: Apa Yang Akan Terjadi Jika Bumi Kehilangan Sinar Matahari?

Saat kita melihat Matahari terbit atau terbenam, saat sedang rendah di langit, ia mungkin tampak kuning, jingga, atau merah.

Tapi itu hanya karena warna panjang gelombang pendeknya yaitu hijau, biru dan ungu dibiaskan oleh atmosfer bumi, seperti gelombang kecil yang dihamburkan oleh bebatuan besar di sepanjang pantai.

Itulah alasan mengapa hanya warna merah, kuning dan jingga yang menembus atmosfer tebal ke dalam mata kita.

Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins Ilustrasi satelit luar angkasa Parker Solar Probe Nasa mendekati Matahari.

Baca juga: Pertama Kali, Pengorbit Surya ESA Akhirnya Lebih Dekat ke Matahari

Ketika Matahari berada tinggi di langit, gelombang yang lebih pendek, terutama biru, molekul udara yang mencolok di atmosfer bagian atas memantul dan menyebar. Itu menjelaskan mengapa langit tampak biru.

Beberapa orang mengira bahwa pancaran sinar matahari dalam cahaya tampak mencapai puncaknya saat warnanya kuning. Namun, puncak pancaran sejati Matahari sebenarnya berwarna hijau.

READ  Meski Pembunuh Diam, Hepatitis Bisa Dicegah dan Diobati

Jadi mengapa gambar matahari terkadang berwarna hijau, biru, merah, atau oranye?

Mengutip Pusat Tenaga Surya Stanford, Rabu (26/8/2020), dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa sebenarnya segala bentuk cahaya dan energi merupakan bagian dari fenomena Sama.

Matahari terbenam sempurna di lautan dilihat dari Bukit Paralayang Watugupit, Minggu (19/1/2020).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Matahari terbenam sempurna di lautan dilihat dari Bukit Paralayang Watugupit, Minggu (19/1/2020).

Fenomena disebut Spektrum Elektromagnetik. Mata manusia hanya mendeteksi sebagian kecil dari energi ini, bagian yang umumnya dikenal sebagai “cahaya tampak”.

Gelombang radio, sinar-X, gelombang mikro, sinar gamma, dan lainnya memiliki panjang gelombang yang lebih panjang atau lebih pendek dari cahaya tampak, tetapi fenomena lainnya sama.

Instrumen ilmiah terkadang dapat mendeteksi cahaya yang tidak dapat dideteksi oleh mata. Ketika orang ingin melihatnya, misalnya gambar sinar-X atau ultraviolet, mereka perlu mewarnainya dengan sesuatu yang dapat dideteksi oleh mata kita.

Para ilmuwan memutuskan untuk memilih warna yang cerah, warna yang tidak akan pernah bingung dengan memandang Matahari dalam cahaya putih.

Dengan begitu, kita tahu dari melihat gambar matahari hijau neon atau merah terang bahwa gambar itu sebenarnya diambil dalam beberapa versi cahaya tak terlihat seperti ultraviolet atau sinar-X ekstrem.

Baca juga: Tata Surya Lain Ditangkap oleh Teleskop Eropa, Planet yang Mengorbit di Bintang Mirip Matahari

Sulit bagi banyak orang, bahkan para ilmuwan, untuk menerima bahwa matahari sebenarnya hanya berwarna putih.

Jadi terkadang mereka mewarnai gambar matahari yang ditangkap dalam cahaya tampak atau “putih” agar terlihat lebih seperti yang diharapkan.

Terkadang warna warna matahari ditentukan oleh budaya. Jika taman anak-anak di AS mewarnai gambar matahari, mereka biasanya membuatnya menjadi kuning.

Namun, anak taman kanak-kanak di Jepang biasanya akan mewarnainya dengan warna merah. Terlepas dari “lisensi artistik”, warna matahari benar-benar putih.

READ  Medan Magnet Bumi Melemah Bukan Karena Terkunci Matahari

Written By
More from Ubayd Saleh

Mirip, tapi tidak sama, dua fungsi Samsung Dex dan Link to Windows untuk seri Galaxy Note20

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Samsung Galaxy Note20 Serial tersebut memiliki dua karakteristik yang...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *