Kanker usus besar dimulai pada banyak orang di bawah usia 50 tahun

Suara.com – Kanker usus besar adalah Kanker usus besar Ini adalah kanker paling mematikan ketiga pada pria dan wanita setelah kanker paru-paru. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penyakit ini dapat menyerang orang yang lebih muda di bawah usia 50 tahun.

Baru-baru ini aktor Black Panther, aktor Chadwick Boseman meninggal karena kanker usus besar pada usia 43. Sehubungan dengan ini, mulailah CNNTampaknya kejadian kanker usus besar pada orang di bawah usia 50 tahun sebenarnya meningkat sejak tahun 1990-an.

“Separuh dari semua diagnosis baru terjadi pada orang di bawah usia 66 tahun,” kata sebuah laporan dari American Cancer Society.

American Cancer Society merekomendasikan skrining rutin untuk usus besar dan kanker rektal sejak usia 45 tahun. Namun, sebagian besar organisasi kesehatan lainnya terus merekomendasikan skrining rutin sejak usia 50 tahun.

“Kami terkejut betapa cepatnya (mundurnya usia),” kata Rebecca Siegel, rekan penulis studi dan kepala ilmuwan penelitian pengawasan di American Cancer Society di Atlanta.

Aktor Chadwick Boseman. (Instagram / @ chadwickboseman)

Laporan tersebut mencakup data kasus kanker usus besar dan kematian dari National Cancer Institute dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Dari 2012 hingga 2016, angka kejadian pada kelompok usia ini meningkat 2,2 persen setiap tahun dan termasuk tumor di usus besar dan rektum. Padahal sebelumnya kanker ini banyak diderita oleh orang dewasa yang berusia di atas 50 tahun.

“Sebagian besar penurunan insiden pada orang dewasa yang lebih tua disebabkan oleh peningkatan skrining, tetapi penyebab peningkatan insiden pada kelompok usia yang lebih muda masih belum diketahui,” kata Siegel. CNN.

Written By
More from Ubayd Saleh

Antibodi pada pasien dengan penyembuhan Covid hanya bertahan 4 bulan?

Jakarta, CNBC Indonesia – Kadar antibodi dari pasien yang sembuh dari virus...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *