Mengerikan, bagaimana kebakaran hutan mengubah langit California menjadi oranye? Semua halaman

KOMPAS.comkebakaran hutan dari CaliforniaAmerika Serikat memiliki dampak yang sangat besar terhadap lingkungan setempat.

Gumpalan asap menyelimuti kota San Francisco dan langit di wilayah berwarna jeruk menjadi kemerahan.

Dikutip dari BBC Indonesia, Minggu (13/9/2020), saat ini ada sekitar 14.000 petugas pemadam kebakaran Api bekerja keras untuk menghapus 28 poin kebakaran hutan di California.

Api Hutan California telah membakar lebih dari 2,5 juta hektar lahan di wilayah tersebut dan menewaskan sedikitnya delapan orang.

Baca juga: Spesies siput ini lolos dari kebakaran hutan di Australia, kok bisa?

Ketika kobaran api terjadi, angin kencang meniup asap dan abu dari beberapa kebakaran di seluruh negara bagian pada hari Rabu.

Jadi kenapa langit California berwarna kemerahan?

Asap tebal menghalangi matahari dan mengubah langit California menjadi oranye.

Daniel Swain, ahli iklim di Universitas California di Los Angeles (UCLA), mengatakan bahwa “gumpalan yang tinggi dan sangat tebal hampir sepenuhnya menghalangi matahari.”

Para ahli juga mengungkapkan bahwa asap menyebabkan langit berwarna oranye di sebagian besar wilayah.

BBC INDONESIA / REUTERS Kebakaran hutan California telah menyebabkan asap menyebar ke seluruh kota, membuat langit San Francisco tampak kemerahan.

Di Twitter, Distrik Manajemen Kualitas Udara Area Teluk menjelaskan bahwa partikel asap dari kebakaran hutan hanya memungkinkan cahaya kuning-oranye-merah mencapai permukaan, menyebabkan langit tampak oranye.

“Ini bukan pemandangan umum, karena membutuhkan kondisi yang sangat spesifik untuk sampai ke sana,” Manajer Cuaca Nasional Brian Garcia mengatakan kepada SFGate.

Selama kebakaran hutan terus berlanjut, para peramal memprediksi kondisi serupa yaitu kemunculan langit oranye akan terjadi dalam beberapa hari mendatang.

Sementara itu, di Oregon, Gubernur Kate Brown mengatakan itu adalah acara sekali dalam satu generasi.

READ  Kapal karam 400 tahun yang lalu, kapal ini ditemukan utuh di Laut Baltik

Baca juga: NASA: Asap dari kebakaran hutan Australia menyebar ke seluruh dunia

Peristiwa Kebakaran hutan California ia dapat menyebabkan kerusakan besar pada kehidupan dan harta benda sepanjang sejarah negara bagian.

Pejabat setempat mengatakan setidaknya dua orang tewas akibat kobaran api.

Sementara itu, di negara bagian Washington, seorang bocah lelaki berusia satu tahun tewas ketika keluarganya berusaha melarikan diri dari kebakaran yang mulai melanda kediaman mereka.

Api yang sesekali membuat langit California menjadi kemerahan membuat masyarakat San Francisco bingung saat mereka bangun ke langit yang gelap dan mengira saat itu masih gelap.

Written By
More from Kaheela Miah

Kritikus Putin yang diduga diracuni berencana untuk kembali ke Russia Page semua

BERLIN, KOMPAS.com – Alexei Navalny, pemimpin oposisi Rusia yang menjadi kritikus vokal...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *