Orang yang baru sembuh dari demam berdarah lebih kebal terhadap Covid-19?

Suara.com – Virus korona menyebabkan penyakit Covid-19 itu masih diteliti. Tujuannya untuk mengumpulkan lebih banyak informasi guna mengakhiri pandemi Covid-19. Salah satunya adalah bukti terbaru yang menunjukkan bahwa orang yang sudah sembuh dari demam berdarah atau DBD mungkin lebih kebal terhadap infeksi Covid-19. Tapi sungguh?

Dikukuhkan Surat harianPada Selasa (22/9/2020) diketahui bahwa penderita DBD kemungkinan kebal virus corona baru. Ketika hasil studi Duke University menganalisis wabah Covid-19 di Brasil, ditemukan hubungan antara penyebaran virus dan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Peneliti utama Dr. Miguel Nicolelis dari Duke School of Medicine, seorang profesor ilmu saraf yang dihormati, mengatakan timnya membandingkan distribusi geografis kasus Covid-19 dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

Daerah dengan tingkat infeksi Covid-19 yang lebih rendah ternyata merupakan daerah yang paling tinggi wabah DBD tahun lalu. Artinya, ada kemungkinan antibodi demam berdarah dapat mencegah dan menyembuhkan infeksi Covid-19.

“Hasil luar biasa ini mungkin menarik karena resistensi silang imunologis (kekebalan) antara serotipe virus flavivirus (DBD) dengue dan SARS CoV 2,” tulis penelitian tersebut.

“Jika hipotesis ini ternyata benar, berarti infeksi Dengue (DBD) atau imunisasi dengan vaksin Dengue yang efektif dan aman (DBD) dapat menghasilkan perlindungan imunologi (imunitas) berjenjang (imunitas) terhadap Covid-19”, demikian pernyataan penelitian itu berlanjut.

Berdasarkan hal ini, Nicolelis menemukan hal ini sangat menarik, karena penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang yang antibodi atau kekebalannya dihasilkan oleh demam berdarah mendapatkan hasil positif palsu untuk Covid-19.

“Ini menunjukkan bahwa ada interaksi imunologis antara kedua virus yang tidak dapat diprediksi oleh siapa pun karena kedua virus tersebut berasal dari keluarga yang sama sekali berbeda,” jelas Nicolelis.

READ  Inilah yang dikatakan fotografer ternama saat mencicipi fotografi di OPPO Reno4

Meski begitu, penelitiannya tidak terlalu kuat dan membutuhkan penyelidikan lebih lanjut tentang hubungan antara DBD dan Covid-19.

Written By
More from Ubayd Saleh

Spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi 9C di Indonesia

KOMPAS.com – Xiaomi Nyalakan ulang ponsel Level awal terbaru juga Indonesia, Ini...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *