Perilaku Aneh dari Medan Magnet Bumi Telah Melewati 11 Juta Tahun

alexametrics

Memuat…

JAKARTA – Perilaku medan magnet yang aneh Bumi di wilayah Atlantik Selatan dapat ditelusuri kembali sejauh 11 juta tahun yang lalu. Studi baru mengungkapkan, perilaku itu tidak mungkin menyebabkan pembalikan medan magnet bumi di masa depan. (Baca juga: Ternyata partikel plastik kecil dapat mempengaruhi pemanasan global)

Anomali Atlantik Selatan adalah titik lemah di medan magnet Bumi, yang melindungi planet ini dari angin matahari dan radiasi kosmik dosis tinggi. Anomali ini ada karena sabuk radiasi Van Allen di Bumi paling dekat dengan permukaan planet, menyebabkan peningkatan fluks partikel energetik. Pada gilirannya, anomali ini juga menyebabkan masalah teknis dengan satelit dan pesawat ruang angkasa yang mengorbit Bumi.

Halaman Space.com diungkapkan, para peneliti dari University of Liverpool di Inggris mempelajari batuan beku atau vulkanik dari Pulau Saint Helena, yang terletak di Anomali Atlantik Selatan. Rekaman medan magnet bumi yang disimpan di batuan beku memberikan pandangan rinci tentang sejarah magnetik planet ini.

“Studi kami menyediakan analisis jangka panjang pertama dari medan magnet di wilayah ini jutaan tahun yang lalu,” kata Yael Engbers, pemimpin penulis penelitian.

Dia menjelaskan, temuan itu mengungkapkan bahwa anomali di medan magnet di Atlantik Selatan bukan hanya sekali. “Anomali serupa ada 8-11 juta tahun yang lalu,” katanya.

READ  Umat ​​Kristen menyerang Presiden Jerman Bela Macron Perancis
Written By
More from Ubayd Saleh

Versi “lite” dari ponsel layar lipat Samsung memiliki sertifikasi WiFi

Jakarta (ANTARA) – Organisasi sertifikasi teknologi WiFi, Wi-Fi Alliance, dikabarkan telah mensertifikasi...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *