Perintis agroforester Ermi, 73, memutar kembali tahun-tahun di Gorontalo Indonesia

Perintis agroforester Ermi, 73, memutar kembali tahun-tahun di Gorontalo Indonesia
  • Ermi Mauke, 73, telah menghabiskan 40 tahun terakhir menanam campuran pohon di pinggiran Taman Nasional Bogani Nani Wartabone di provinsi Gorontalo, Indonesia timur.
  • Petani kecil di sini telah memproduksi gula aren selama berabad-abad dengan menggunakan teknik tradisional, tetapi metode padat karya mereka menghadapi tantangan.
  • Sistem agroforestri otodidak Ermi menghasilkan beragam komoditas pangan yang membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya sekaligus menjaga bentang alam.

GORONTALO, Indonesia — Mengenakan gaun bercorak Chanel dan menghunus parang, Ermi Mauke berwirausaha sambil berjalan melewati bibit jambu mete dan kopi yang dia tanam di dekat Taman Nasional Bogani Nani Wartabone di Indonesia. Ermi memiliki sedikit masalah untuk mendaki bukit berhutan ini, bahkan pada usia 73 tahun.

„Meskipun saya mungkin semakin tua, saya masih memiliki kekuatan untuk mendaki gunung,“ katanya kepada Mongabay.

Ermi pertama kali mulai menanam campuran jenis pohon di Pegunungan Suwawa di sini di Semenanjung Minahasa di Pulau Sulawesi Indonesia 40 tahun yang lalu. Dia mulai menanam berbagai macam bibit, dari alpukat hingga kemiri dan kopi, dengan bantuan keluarganya. Sistem wanatani otodidak ini — praktik menanam berbagai jenis pohon produktif di lanskap tertentu — telah membantu menopang ekosistem dan kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Bogani Nani Wartabone adalah salah satu dari lebih dari 50 taman nasional yang tersebar di antara negara kepulauan terbesar di dunia, yang merupakan rumah bagi kawasan hutan tropis terbesar ketiga di dunia. Taman nasional, yang mengambil namanya dari seorang pejuang kemerdekaan dan politisi lokal, mencakup 282.000 hektar (700.000 hektar) yang membentang di provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara. Penelitian di hutan telah mengidentifikasi sekitar 125 spesies burung dan hampir 300 pohon berbeda hingga saat ini.

Siehe auch  Pretty Beautiful, Pink Planet Berhasil Menangkap Perhatian Peneliti NASA!

Ermi tiba di desa Tulabolo Timur di pinggiran hutan lindung di kabupaten Bone Bolango pada tahun 1982, sebagai bagian dari program transmigrasi pemerintah, skema yang direncanakan secara terpusat untuk memindahkan jutaan keluarga dari bagian padat negara ke daerah pedalaman seperti Tulabolo Timur untuk memicu perkembangan.

Setibanya 40 tahun yang lalu dari kabupaten Gorontalo Utara, Ermi menemukan hutan di sekitar rumah barunya telah mengalami kerusakan luas akibat penebangan liar dan penambangan emas, sementara banyak penduduk setempat telah mempertaruhkan klaim atas tanah di kawasan hutan.

Tunggul pohon besar yang ditebang oleh penebang liar. Gambar oleh Sarjan Lahay untuk Mongabay.

Dekat desa Tulabolo Timur adalah tambang emas besar seluas 25.000 hektar (62.000 hektar) yang dioperasikan oleh PT Gorontalo Minerals, bagian dari konglomerat keluarga Bakrie yang terhubung secara politik. Konsesi pertambangan berbatasan dengan perbatasan taman nasional, dan jalan menuju lokasi saat ini sedang dibangun.

2019 belajar diterbitkan dalam jurnal Environment and Natural Resources Research mendokumentasikan tantangan lama yang dihadapi oleh petani kecil di sini. Sebagian besar petani yang tinggal di perbatasan taman selama berabad-abad mengandalkan teknik tradisional untuk memproduksi gula aren. Namun, ini membutuhkan sumber kayu bakar yang cukup untuk merebus bahan baku yang dikumpulkan dari pohon aren, faktor yang diperumit dengan pendirian taman nasional pada tahun 1991.

“Kami kesulitan mencari kayu bakar untuk memasak gula aren,” kata seorang petani setempat kepada penulis penelitian pada tahun 2018. “Dulu kami mengambilnya di hutan, tetapi sekarang tidak diizinkan karena dijaga oleh petugas taman nasional.”

Data dari badan statistik Indonesia menunjukkan 24,5% penduduk pedesaan Gorontalo hidup dalam kemiskinan pada Maret 2021, lebih dari dua kali lipat rata-rata nasional 10,2%.

Kawasan hutan tempat tinggal Ermi berfungsi sebagai zona penyangga taman nasional. Pengelolaan hutan Tulabolo Timur yang berkelanjutan dengan menggunakan teknik agroforestri Ermi menawarkan jalur potensial untuk meningkatkan pendapatan petani sambil membatasi perambahan.

Siehe auch  Misi yang gagal ke Myanmar: Jakarta Post, SE Asia News & Top Stories

Studi di Indonesia memiliki mapan bahwa agroforestri dapat secara bersamaan meningkatkan ketahanan lanskap dan komunitas pertanian lokalnya.

Ermi Mauke berpose untuk foto di hutan dekat rumahnya. Gambar oleh Sarjan Lahay untuk Mongabay.

Ermi sering berbagi bibit dengan tetangga dan menganjurkan manfaat menanam pohon yang menghasilkan buah.

Dia memberi tahu Mongabay bahwa dorongannya untuk memelihara tanah di sekitar desa berasal dari rasa tanggung jawab spiritual leluhurnya terhadap tanah yang dia sebut rumah. Ermi mengatakan orang tuanya mengajarinya sejak kecil bahwa hutan ini adalah rumah bagi semua spesies, bukan hanya untuk manusia.

„Saya tidak sekolah,“ katanya. „Menjaga hutan adalah apa yang saya lakukan.“

Kisah ini dilaporkan oleh tim Mongabay Indonesia dan pertama kali diterbitkan di sini pada kita situs indonesia pada 24 April 2022.

Pertanian, wanatani, kelestarian, penggundulan hutan, lingkungan, pertanian, Kehutanan, Hutan, Penambangan emas, Hijau, Lingkungan yang ceria, Masyarakat Adat, masuk, pertambangan, Taman Nasional, kawasan lindung, hutan hujan, Hutan tropis

pencetakan

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com