Planet ekstrim ditemukan mengorbit bintang biru

Planet ekstrim ditemukan mengorbit bintang biru

Planet memiliki suhu pembakaran yang dapat mengubah besi dari padat menjadi gas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ilmuwan menemukan a Eksoplanet sangat panas. Planet ini memiliki suhu pembakaran yang dapat mengubah besi dari padat menjadi gas yang dapat dideteksi.

Planet ekstrasurya mengorbit sebuah bintang yang berjarak 322 tahun cahaya di konstelasi Libra. Exoplanet adalah planet di luar tata surya kita.

Pengamatan ini dilakukan oleh misi Cheops dari European Space Agency (Characterizing Exoplanet Satellite). Melaporkan dari CNNBenda angkasa itu adalah misi penemuan pertama yang dimulai pada Desember 2019.

Meski planet ekstrasurya ini pertama kali ditemukan pada 2018, Cheops telah memberikan lebih banyak detail tentang apa saja isi planet di dunia. Cheops memiliki misi unik melacak bintang yang diketahui memiliki exoplanet dan mencirikan planet di sekitarnya.

Planet WASP-189b dianggap sebagai salah satu exoplanet terpanas dan paling ekstrim yang pernah ditemukan. WASP-189b menandai debut para ilmuwan sebagai Jupiter yang sangat panas. Planet ini jauh lebih panas karena mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya.

Planet ini mengorbit bintang di Bumi selama kurang lebih 2,7 hari. Planet ini 20 kali lebih dekat ke bintangnya daripada Bumi ke matahari.

Bintang sekarang jauh lebih besar dari matahari dan memiliki suhu lebih dari 2.000 derajat. Itulah yang membuat bintang tampak biru, bukan kuning atau putih.

„Diketahui bahwa hanya segelintir planet yang ada di dekat bintang yang begitu panas, dan sistem ini sejauh ini paling terang,“ kata ketua peneliti Monika dari Universitas Jenewa dan penulis utama studi baru tersebut dalam sebuah pernyataan.

WASP-189b juga merupakan Jupiter panas paling terang yang pernah diamati data yang lewat di depan atau di belakangnya. Cheops mencari bintang terdekat untuk mencari exoplanet lain di sekitarnya. Ia dapat mengukur perubahan cahaya saat sebuah planet mengorbit bintangnya dengan presisi luar biasa, yang dapat membantu mengungkap detail tentang planet tersebut.

Siehe auch  Indonesia menerima $103,65 juta dana perubahan iklim, keanekaragaman hayati - Masyarakat

Mencari planet lain
Para peneliti mampu merekam okultasi dan transit planet dan bintang dengan Cheops. Selama okultasi, planet melewati bintang dan transit terjadi saat planet lewat di depannya.

Metode tidak langsung untuk mendeteksi planet membantu para peneliti mempelajari lebih lanjut tentangnya karena mereka tidak dapat mengamati planet itu sendiri. Exoplanet dikatakan sangat terang, dan peneliti menggunakan momen jatuhnya cahaya untuk mengukur kecerahan planet dan membatasi suhunya menjadi 3.200 derajat Celcius.

Planet biasanya memiliki orbit miring ini saat mereka terbentuk lebih jauh dari bintang dan kemudian bergerak lebih dekat ke bintang. Migrasi ini dapat terjadi ketika beberapa planet ada dalam sistem dan menekan satu sama lain di bawah pengaruh gravitasi mereka.

Selain itu, itu bisa terjadi karena kekuatan bintang lain juga. Jadi kemungkinan besar planet ini akan mengalami salah satu dari skenario ini.

Planet terkunci pasang surut dengan bintangnya, yang berarti satu sisi selalu menghadap bintang dan sisi lain planet selalu menghadap ke arah lain.

Cheops adalah misi ESA pertama yang mengkarakterisasi exoplanet yang diketahui. Misi tersebut merupakan kolaborasi antara ESA dan Swiss. Pusat Operasi Sains Misi dioperasikan dari Observatorium di Universitas Jenewa.

Selama beberapa tahun ke depan, Cheops akan menemukan dan mengkarakterisasi exoplanet serta dapat mengidentifikasi target untuk misi masa depan yang dapat memeriksa atmosfer.

We will be happy to hear your thoughts

Hinterlasse einen Kommentar

POLRESSIDRAP.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
polressidrap.com