SpaceX Satellite Light Polution “Destroys” Neowise Comet Pictures

SpaceX Satellite Light Polution "Destroys" Neowise Comet Pictures

KOMPAS.com – Satelit SpaceX “Merusak” pandangan para pengamat langit ketika mereka ingin menonton komet Neowise, komet paling terang di Belahan Bumi Utara setelah komet Hale-Bopp yang muncul pada 1995-1996.

Ketika komet Neowise berada di atas cakrawala pada 19-25 Juli 2020, komet itu tampak samar dan kecil jika dilihat dengan mata telanjang. Tapi itu bisa terlihat jelas dengan kamera atau lensa telefoto yang panjang.

Biasanya, ketika fotografer menangkap objek seperti ini di langit malam, mereka akan menggunakan waktu pencahayaan yang lama, membiarkan aperture kamera terbuka untuk mengumpulkan cahaya selama beberapa detik.

Baca juga: Neowise Comet Dapat Diambil dengan Kamera Biasa, Begini Caranya

Mengenai momen berburu komet Neowise, banyak fotografer melaporkan bahwa pandangan mereka terganggu oleh kehadiran noda cerah di dekat komet Neowise.

Setelah diselidiki, titik terang pada gambar adalah satelit Starlink SpaceX yang memasuki bingkai kamera selama eksposur lama.

Ini bukan pertama kalinya SpaceX mendapat kecaman atas sumber baru polusi ringan atas.

Ketika satelit Starlink SpaceX mengorbit pada 2019, para astronom menyatakan keprihatinan mereka tentang sifat reflektif dari satelit tersebut.

Teleskop, seperti kamera, biasanya menggunakan eksposur panjang. Namun, Satelit Starlink tampaknya sangat reflektif dan mengorbit pada ketinggian yang dapat meninggalkan titik terang pada sensor teleskop dan mencemari data ilmiah yang ingin diperoleh.

READ  Misteri Si Dari Pusat Galaksi di Sagitarius A, Diduga Dari Lubang Hitam Raksasa

“Ketika kami mengembangkan fasilitas baru, observatorium besar, survei besar untuk mengamati misalnya asteroid berbahaya, kami dirancang untuk dapat mengamati sedetail mungkin. Kami melakukannya untuk memastikan dan memperhitungkan segala risiko,” kata Alex Parker, seorang warga Colorado astronom berbasis Sains Langsung, Sabtu (25/7/2020).

Baca juga: Di Seluruh Indonesia Setelah Matahari Terbenam, Inilah 7 Fakta tentang Comet Neowise

Parker mengatakan armada Starlink, yang akhirnya bisa berjumlah ribuan, tampaknya cenderung bersinar sangat terang di malam hari.

Munculnya komet Neowise di langit fajar memikat mereka yang memiliki minat dalam astrofotografi.

Namun, karena cahaya satelit Starlink, sekelompok pengamat langit kecewa melihat fenomena alam dikaburkan oleh satelit Starlink di orbit rendah Bumi.

SpaceX sebelumnya mengatakan bahwa mereka telah mengambil tindakan untuk mengurangi polusi cahaya Starlink. Namun, garis-garis terang karena Starlink tetap menjadi masalah.

Written By
More from Ubayd Saleh

Kelelahan dan sakit kepala, gejala umum Covid-19 pada anak-anak

KOMPAS.com – kelelahan, sakit kepala dan demam, yang dikenal sebagai Gejala Covid-19...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *