UMKM Babak Belur Gegara Covid, Ini ‘Exit Plan’ Erick Thohir

Jakarta, CNBC Indonesia – Sebagian besar UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) terkena pandemi Covid-19, terutama UMKM yang bergerak di bidang pariwisata yang pendapatannya bergantung pada kedatangan wisatawan.

Namun, dengan adanya pembatasan pergerakan manusia, UMKM ini harus memiliki pendapatan yang berkurang atau tidak ada pendapatan sama sekali.

Staf Khusus Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengumumkan bahwa dalam kunjungannya ke salah satu tempat wisata tersebut, pihak penyedia jasa akomodasi masih menawarkan akomodasi yang mengharapkan kunjungan wisatawan mancanegara.


Namun, pahit memang, diperkirakan wisman akan kembali pada triwulan IV tahun depan.

“Saya sudah bilang korona akan sangat lama dan turis asing akan datang pada kuartal keempat. Saya katakan tahun depan bukan Agustus-September. syok. Dia mengatakan apa yang bisa kita jual, kita lakukan. Jika Anda beternak di sini, tidak ada rumput untuk memberi makan ternak. Kami mengerjakan apa yang dia katakan. Ternyata ini realita yang kita hadapi di lapangan, ”kata Arya dalam webinar bersama BUMN, termasuk PT Pertamina, Sabtu (19/8/2020).

Untuk itulah Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Menteri Erick Thohir akan membantu mencari solusi atas permasalahan tersebut dengan memberikan kesempatan untuk berkontribusi pada proyek-proyek besar yang sedang dikerjakan di daerah.

Upaya tersebut dilakukan dengan memanfaatkan kondisi lingkungan setempat dan didukung oleh peralatan yang disumbangkan oleh perusahaan pemerintah.

“Kalau tidak makan sampai tahun depan, UMKM yang terjadi akan tahu banyak. Mau tidak mau, kondisi seperti itu menciptakan inovasi bagi pemerintah daerah,” imbuhnya.

Selain mencari usaha cadangan, badan usaha milik negara juga membantu merestrukturisasi pinjaman bagi UMKM agar usaha kecil ini tidak dibebani pembayaran bunga dan pembayaran angsuran saat usahanya belum optimal.

READ  Kaka ngeri! Ada tanda-tanda IHSG akan mengalami longsor di Sesi II

“Bagaimana UMKM bisa lega, baik bunga utang maupun pengembalian modalnya,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(Tas tas)


Written By
More from Said Rafiq

Khawatir juga! Jatuhnya Saham Batubara, ADRO hingga ITMG

Jakarta, CNBC Indonesia – Harga saham emiten batu bara raksasa di Indonesia...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *