Vaksin Corona Rusia Mengguncang Dunia, Ahli Virologi Dunia: Terkesan, Tapi Tidak Terkejut

Vaksin Corona Rusia Mengguncang Dunia, Ahli Virologi Dunia: Terkesan, Tapi Tidak Terkejut

GALAMEDIA – Dunia internasional dikejutkan oleh berita bahwa Rusia setuju untuk menggunakan vaksin virus korona (Covid-19) pada Agustus 2020. Namun, sejumlah pakar mengatakan mereka tidak terkejut karena Rusia bergerak maju dengan cepat.

Pejabat Moskow berharap vaksin mereka akan mendapatkan persetujuan untuk digunakan secara luas dalam dua minggu ke depan sehingga produksi dapat berlangsung segera. Hal ini terungkap dalam wawancara dengan The National pada Jumat (31/7/2020).

Pengembangan vaksin di Institut Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya di ibukota Rusia telah didanai oleh Dana Investasi Langsung Rusia yang dikontrol pemerintah.

John Oxford, salah satu penulis buku Human Virology, mengatakan ia “terkesan tetapi tidak terkejut” pada betapa canggihnya program ini.

Prof. John Oxford, penulis bersama buku Human Virology.


“Ini berasal dari lembaga Gamaleya – sebuah lembaga penelitian yang cukup besar di Moskow … Mereka akan memastikan bahwa tes-tes tersebut memiliki standar internasional sehingga mereka dapat dilisensikan secara silang di luar negeri maupun di Rusia,” katanya.

Seperti kebanyakan, program vaksin Rusia menggunakan teknologi vaksin yang ada untuk mengubah coronavirus baru.

Ini didasarkan pada versi virus flu biasa, yang disebut adenovirus, yang direkayasa secara genetis untuk menghasilkan protein permukaan atau protein lonjakan dari coronavirus baru. Protein lonjakan ini merangsang respons kekebalan yang seharusnya melindungi terhadap virus korona.

Ian Jones, seorang profesor virologi di University of Reading di Inggris, mengatakan fakta bahwa vaksin Rusia didasarkan pada teknologi yang dipahami dengan baik berarti tidak mungkin menimbulkan bahaya.

READ  Antibodi pada pasien dengan penyembuhan Covid hanya bertahan 4 bulan?
Written By
More from Ubayd Saleh

Promosi harga HP Samsung hari ini, 31 Agustus 2020: Diskon di akhir bulan!

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Samsung Indonesia memanfaatkan akhir bulan dan memanjakan para penggemarnya...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *