Ilmuwan khawatir bumi bergerak menuju usia panas

Jakarta – –

bumi Pemanasan lebih lanjut ke kondisi yang belum pernah terjadi sebelumnya selama 50 juta tahun terakhir dan dapat menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan. Demikian kesimpulan dalam penelitian terbaru oleh para ilmuwan dimana planet bisa kembali ke era ‘rumah kaca’ atau rumah panas.

Bumi mengalami 4 kondisi Perubahan iklim berbeda sejak zaman dinosaurus. Ilmuwan menamakannya “rumah kaca”, “rumah hangat”, “rumah dingin”, dan “rumah es” dalam urutan periode terpanas hingga terdingin. Kapan periode ini terjadi diselidiki melalui dasar laut yang dikumpulkan dengan pengeboran selama 5 dekade.

Nah, selama 3 juta tahun terakhir ini, bumi berada pada era rumah es yang ditandai dengan terbentuknya es di kutub. Manusia modern kemudian berkembang hingga saat ini. Namun ledakan gas rumah kaca dan aktivitas manusia mulai memicu bumi menuju era rumah kaca dan rumah kaca.

Situasi ini tidak terjadi sejak Eosen, yang berakhir 34 juta tahun yang lalu. Tidak ada lapisan es kutub selama awal Eosen dan suhu global rata-rata 9 hingga 14 derajat Celcius lebih tinggi dari hari ini. Sangat menakutkan bahwa kondisi ini akan segera kembali bumi.

“Panel Antarpemerintah tentang Proyeksi Perubahan Iklim untuk tahun 2300, dengan asumsi semuanya berjalan seperti biasa (tanpa perubahan), memiliki potensi untuk membawa suhu global ke tingkat yang belum pernah terlihat di planet ini dalam 50 juta tahun. “kata Profesor James Zachos dari Universitas California di Santa. Cruz.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Science, menunjukkan bahwa planet Bumi, yang secara bertahap mendingin selama 50 juta tahun terakhir, secara dramatis berbalik arah. Kenaikan suhu tersebut bukan karena gangguan alam, melainkan akibat ulah manusia.

READ  Peneliti menemukan sperma dari hewan tertua di Myanmar

Jika tidak ada intervensi dan emisi gas rumah kaca terus meningkat dengan stabil seperti saat ini, iklim sedang bumi dapat kembali ke era rumah kaca dalam waktu yang sangat singkat. Peralihan dari Icehouse ke Hothouse yang biasanya memakan waktu jutaan tahun hanya bisa memakan waktu ratusan tahun yaitu di tahun 2300.

Menonton video “Sukabumi diguncang gempa berkekuatan 2,8 meter“”
[Gambas:Video 20detik]
(fyk / afr)

Written By
More from Said Rafiq

NASA menggunakan teknologi AI untuk mencari planet baru

Ilustrasi exoplanet. (Pixabay / ChadoNihi) Hitekno.com – David Armstrong dan tim ilmuwan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *