Jangan sentuh! Tanaman ini memiliki rambut yang perih dan beracun

KONTAN.CO.ID – Mirip seperti hewan yang menyengat, tanaman ini sebenarnya bisa mengeluarkan sengatan yang menyakitkan. Sengatan nyeri pada tanaman ini menyebabkan nyeri selama berhari-hari hingga berminggu-minggu.

Seperti kita ketahui, pada umumnya yang menyengat adalah hewan. Sebut saja ubur-ubur, lebah hingga kalajengking.

Tetapi apakah hanya hewan yang memiliki sengatan yang menyakitkan?

Tanaman yang satu itu memiliki rasa sakit yang menusuk. Merupakan tumbuhan bernama Gympie-Gympie atau lebih dikenal dengan sebutan tumbuhan penyengat.

Fasilitas Gympie-Gympie berada di wilayah Australia. Sebagai tambahan informasi, Australia cukup terkenal dengan keunikan flora dan faunanya, termasuk tumbuhan penyengat ini.

Kutipan dari situs web BGR.comSebuah penelitian terbaru menemukan bahwa tanaman penyengat ini mengandung racun.

Selain bisa menimbulkan sengatan yang menyakitkan, tumbuhan ini memiliki bisa ular yang mirip dengan laba-laba dan hewan laut yang berbahaya.

Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Kemajuan dalam sains.

Baca juga: Sebenarnya hiu paus betina lebih besar dari hiu jantan, itulah penjelasannya

Selain itu, tanaman ini ternyata tidak hanya ditemukan di Australia. Namun, di kawasan lain seperti Eropa dan Amerika Utara, sengatannya tidak sesakit di Australia.

“Sengatan dari tanaman yang tumbuh di wilayah Australia bisa menimbulkan efek nyeri selama berhari-hari hingga berminggu-minggu,” kata Irina Vetter, peneliti yang terlibat.

Sumber sengat tanaman gympsie-gympsie ada pada jarum yang bentuknya seperti rambut atau rambut halus. Sekilas terlihat seperti rambut halus, tetapi Anda tidak boleh menyentuhnya jika tidak ingin tersengat.

Bulu halus ini terdapat pada daun tanaman Gympi-Gympie.

Penelitian tersebut menamai racun ini dengan nama tanamannya. Yaitu “gympietides“sebagai bentuk kehormatan atas nama tanaman penyengat ini.

READ  Kecerdasan buatan yang keren menemukan 50 planet baru

Kesimpulannya, hati-hati sekalian jika melihat atau menemukan tanaman ini. Lebih baik jarak sosial dengan tanaman ini agar tidak mendapat sengatan yang menyakitkan.

Written By
More from Said Rafiq

NASA mengungkapkan siklus matahari baru dan ancaman bagi kehidupan di bumi

PORTAL JEMBER – – Matahari dilaporkan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA)...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *