Samsung Exynos untuk Oppo dan Xiaomi?

Jakarta – –

Sejauh ini chip Exynos Milik Samsung hanya digunakan pada HP Samsung dan segelintir ponsel merek lain. Ke depannya, Exynos juga akan digunakan di ponsel Oppo, Vivo, dan Xiaomi. “Betulkah?”

Dilansir Business Korea, Rabu (4/11/2020). Samsung LSI – divisi di balik chip Exynos – berharap dapat mengirimkan chip tersebut ke Oppo dan Xiaomi mulai tahun 2021, termasuk Vivo, yang kini menjadi konsumen mereka.

Chip Exynos yang dimaksud bukanlah varian flagship, melainkan versi murah dari Exynos untuk ponsel kelas menengah hingga kelas bawah. Chip tersebut diharapkan dapat digunakan pada telepon seluler yang diproduksi dengan harga terjangkau Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

Tidak jelas berapa banyak produk yang akan menggunakan chip Exynos, tetapi jelas bahwa peluncurannya dijadwalkan pada paruh pertama tahun 2021.

Sebelumnya dikabarkan Samsung LSI baru-baru ini mulai mengurangi jumlah chip Exynos ditawarkan untuk Samsung Galaxy Division. Alasannya adalah margin keuntungan yang terlalu rendah.

Samsung sendiri saat ini menempati urutan ke-4 dalam hal pembuatan chip di belakang Qualcomm, MediaTek dan HiSilicon. Namun, tampaknya Samsung akan memanfaatkan istilah tidak nyaman Huawei untuk mengambil posisi.

Huawei saat ini masih memiliki pangsa pasar yang besar di kelas ponsel murah baik di China maupun negara lain. Namun, hilangnya akses ke Layanan Seluler Google dan HiSilicon, yang tidak dapat lagi memasok chip, telah merusak pasar yang sangat besar di China.

Bahkan dalam data pasar terbaru, Xiaomi sudah mulai menyerap pasar yang harus ditinggalkan Huawei di belakang Oppo dan Vivo. Karena itu, ketiga merek tersebut membutuhkan keripik yang lebih beragam. Di sinilah Exynos berada.

READ  Diharapkan 5 Kamera, Siapkah Samsung Galaxy A72 Dirilis?

Bahkan Samsung LSI disebut-sebut berani menawarkan harga chip yang kompetitif agar bisa bersaing dengan MediaTek dan Qualcomm. Artinya bisa dilakukan dalam waktu dekat Exynos akan menyalip HiSilicon.

Menonton video “Saham Samsung melonjak setelah kematian Lee Kun-hee “”
[Gambas:Video 20detik]
(asj / fay)

Written By
More from Witha Samad

Spesifikasi dan harga Pixel 4a 5G lebih menarik daripada Pixel 5

Jakarta – – Google juga diperkenalkan Pixel 4a 5G. Ponsel ini memiliki...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *