Elon Musk menyebut implan chip seperti penggunaan Fitbit di otak: Okezone Techno

JAKARTA – Elon Musk, CEO Tesla, membawa versi terbaru dari prototipe NeuraLink perusahaannya, Link VO. 9, di pasar. Dengan chip ini, manusia dapat mengontrol perangkat dengan otaknya.

Cara kerja chip ini adalah untuk menyembuhkan orang-orang dengan kondisi seperti kehilangan ingatan, gangguan pendengaran, kelumpuhan, kebutaan, kerusakan otak, depresi, dan kecemasan.

Mulai dari Fox8Musk mencoba Gertrude seekor babi dengan menanamkan sebuah chip di otaknya. Grafik yang muncul di layar menunjukkan gelombang di otak Gertrude menyala saat otaknya berkomunikasi dengan moncongnya saat makan.

Musk mengatakan itu adalah babi yang sehat dan bahagia, dan chip tersebut dapat membaca sinyal dari semua anggota tubuh Gertrude. The Link VO.9, perangkat seukuran koin yang pas di dalam tengkorak dan sepenuhnya menggantikan sepotong tengkorak.

Terdapat masker berupa selotip yang bukan merupakan bagian dari perangkat tetapi digunakan untuk melindungi kabel halus yang terhubung ke otak setelah implantasi. “Ini jauh lebih rumit dari itu, tetapi versi yang disederhanakan seperti Fitbit di otak Anda dengan kabel kecil,” kata Musk.

Sekadar informasi, Fitbit adalah perusahaan AS yang membuat perangkat wearable seperti pelacak aktivitas dan jam tangan pintar.

Hal menarik lainnya adalah VO.9 Link dapat terhubung dan berkomunikasi dengan ponsel orang lain. Perusahaan saat ini sedang mengerjakan studi manusia sambil menunggu izin yang diperlukan.

Baca Juga: Sejarah Singkat Perkembangan Komputer

Teknologi yang tersedia saat ini mencakup apa yang dikenal sebagai “stimulasi otak dalam”. Dengan memasukkan sejumlah kecil elektroda ke dalam otak Anda yang tidak dapat membaca atau menulis banyak informasi.

NeuraLink didirikan oleh Musk pada tahun 2016 dengan tujuan untuk meneliti dan meneliti apa yang menghubungkan otak manusia dengan teknologi komputer. Musk mengatakan teknologi yang dia kembangkan telah membantu lebih dari 150.000 orang.

READ  'Ide Gila' Elon Musk menghubungkan komputer ke otak manusia

(ahl)

Written By
More from Witha Samad

10 Fitur Samsung Notes Teratas di Galaxy Note20

JAKARTA – Pena digital yang bagus tidak optimal tanpa kanvas yang bagus....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *